Polresta Samarinda Antisipasi Petasan selama Perayaan Tahun Baru

Warga diminta melaporkan saat ada penggunaan kembang api

Samarinda, IDN Times - Polresta Samarinda, Kalimantan Timur meminta kepada masyarakat, instansi pemerintah dan pengelola hotel untuk melapor kepada pihak kepolisian saat menggelar pesta kembang api dan petasan dalam merayakan malam tahun baru 2024.

Kapolres Samarinda Komisaris Besar Pol Ary Fadli mengatakan, laporan tersebut dimaksudkan untuk meminimalisasi potensi bahaya yang ditimbulkan dari kegiatan pesta kembang api yang sudah menjadi agenda rutin masyarakat pada momentum pergantian tahun.

"Kami akan melakukan pengecekan bekerja sama dengan Gegana Brimob untuk memastikan bahan petasan dan kembang api tersebut benar-benar aman digunakan," jelas Ary Fadli dilaporkan Antara di Samarinda, Jumat (29/12/2023).

1. Pengamanan kepada seluruh masyarakat

Polresta Samarinda Antisipasi Petasan selama Perayaan Tahun BaruIlustrasi lapor polisi. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Ia mengingatkan bahwa dalam setiap tahun peristiwa tragis pesta kembang api dan petasan seringkali terjadi, oleh sebab itu pihaknya berusaha memberikan rasa aman kepada masyarakat khususnya menjelang perayaan tahun baru.

"Sejauh ini baru dua yang mengajukan permohonan pesta kembang api yaitu dari Hotel Aston dan Gereja Bethel, kami berharap masyarakat dan instansi lainnya segera melapor," jelasnya.

Baca Juga: PLN Samarinda Mendorong Terbangunnya Ekosistem Kendaraan Listrik

2. Ratusan personel Polresta Samarinda diterjunkan untuk pengamanan

Polresta Samarinda Antisipasi Petasan selama Perayaan Tahun BaruIlustrasi kembang api (unsplash.com/hktreks)

Pada perayaan tahun baru ini, lanjut Ary Fadli pihaknya menurunkan sebanyak 897 personel untuk terjun di lokasi yang menjadi pusat keramaian masyarakat seperti Jl Lambung Mangkurat, Tepian Mahakam dan Jembatan Mahkota II Ahmad Amin.

"Khusus di Jl Lambung Mangkurat dilakukan rekayasa lalu lintas dengan membuat satu arah. Dan, untuk titik rawan kemacetan di Tepian Mahakam seperti Kantor Gubernur, simpang Muara dan depan Masjid Islamic Center ditempatkan personel untuk memperlancar lalu lintas," jelasnya.

3. Rekayasa sejumlah kawasan di Samarinda

Polresta Samarinda Antisipasi Petasan selama Perayaan Tahun BaruKombes Pol Ary Fadli, Kapolresta Samarinda (Nina/IDN Times)

Rekayasa lalu lintas yang mengarah ke Jl Lambung Mangkurat, diarahkan ke Jl merdeka, Jl Urip Sumoharjo, Jl Biawan dan Jl Arief Rachman Hakim. Sedangkan lalu lintas di Jl Lambung Mangkurat dari dalam kota menuju luar kota dibuka normal seperti biasa.

Sementara, di jembatan Mahkota II Ahmad Amin, Polres Samarinda meminta warga tidak berhenti dan berkumpul di atas jembatan.

"Kami sudah koordinasi dengan Pemerintah Kota Samarinda agar jembatan hanya digunakan untuk perlintasan kendaraan," jelasnya.

Baca Juga: Pemkot Samarinda Berikan Beasiswa 48 Kader Ulama Belajar ke Yaman

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya