PT Hutama Karya Ungkap Masjid Negara IKN yang Berkonsep Lingkungan

Material digunakan ramah lingkungan

Balikpapan, IDN Times - PT Hutama Karya (Persero) mengumumkan proyek pembangunan Masjid Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berdiri di atas lahan seluas 3,2 hektare dengan nilai kontrak sebesar Rp940 miliar ditargetkan selesai pada akhir tahun 2024.

Diberitakan Antara, Tjahjo Purnomo, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya mengatakan, pembangunan Masjid Negara IKN akan mengusung konsep green city, dengan dirancang sebagai bangunan ramah lingkungan. Proses konstruksi akan menggunakan material yang ramah lingkungan serta mengurangi waste material.

1. Kerja sama operasi pengerjaan struktur, arsitektur, dan MEP

PT Hutama Karya Ungkap Masjid Negara IKN yang Berkonsep LingkunganPresiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan groundbreaking pembangunan masjid negara di Ibu Kota Nusantara, Rabu (17/1/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Tjahjo menjelaskan bahwa Hutama Karya bekerja sama dengan PT Adhi Karya (Persero) melalui kerja sama operasi (KSO) untuk mengerjakan struktur, arsitektur, MEP (Mechanical, Electrical and Plumbing), kawasan atau lanskap, bangunan penunjang, bangunan komersil, serta jembatan.

Dalam proses pengerjaannya, tim lapangan dihadapkan pada beberapa tantangan, terutama pada tahap pembangunan kubah masjid yang memiliki desain unik menyerupai sorban. Oleh karena itu, diperlukan teknik khusus untuk memastikan hasil dan kualitas bangunan sesuai dengan rancangan awal serta memastikan proyek selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Baca Juga: Pemkab PPU Tegur Kelurahan yang Buka Kantor di Atas Pukul 9  Pagi

2. Monitor kualitas pekerjaan secara intensif dan periodik

PT Hutama Karya Ungkap Masjid Negara IKN yang Berkonsep LingkunganPresiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan groundbreaking pembangunan masjid negara di Ibu Kota Nusantara, Rabu (17/1/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Tim telah menyiapkan strategi penanganan di antaranya rutin memonitor kualitas pekerjaan secara intensif dan periodik, penerapan teknologi Building Information Modelling (BIM) serta struktur pracetak agar pembangunan masjid selesai tepat waktu dan tepat mutu.

Pembangunan Gedung dan Kawasan Masjid Negara IKN dimulai secara resmi dengan peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (17/1). Presiden Jokowi menyatakan bahwa masjid ini dapat menampung hingga 61.000 jamaah, dikelilingi oleh air, dan menampilkan keindahan desain baik dari luar maupun dalam.

3. Masjid negara menjadi kebanggaan Indonesia

PT Hutama Karya Ungkap Masjid Negara IKN yang Berkonsep LingkunganPresiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Kantor Badan Otorita Ibukota Nusantara (OIKN), Rabu (17/1/2024). Akun YouTube Sekretariat Presiden

Kepala negara berharap bahwa Masjid Negara IKN dapat menjadi contoh pembangunan masjid di dunia serta merepresentasikan kemajemukan Indonesia.

Masjid ini diharapkan menjadi tempat yang nyaman bagi umat Muslim untuk melakukan aktivitas keagamaan dan menjadi simbol toleransi antar agama di IKN.

Baca Juga: Atlet Renang PPU dan Kukar Lolos Babak Kualifikasi PON 2024

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya