Puluhan Titik Panas Terdeteksi di Kaltim pada Musim Kemarau Ini

Indikator ancaman karhutla di Kaltim

Balikpapan, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 30 titik panas indikator awal kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di wilayah Provinsi Kalimantan Timur selama periode pengamatan Rabu (31/5/2023) pukul 01.00 hingga 24.00 WITA.

Kantor Berita Antara melaporkan, Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan-Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Kamis, menyampaikan bahwa titik panas, lokasi dengan suhu relatif tinggi dibandingkan area sekitarnya, terpantau di lima kabupaten selama periode pengamatan itu.

1. Penemuan titik panas di Kaltim

Puluhan Titik Panas Terdeteksi di Kaltim pada Musim Kemarau IniIlustrasi penanganan karhutla (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Titik panas terpantau di wilayah Kabupaten Paser (1), Kutai Timur (22), Kutai Kartanegara (4), Berau (2), dan Mahakam Ulu (1).

Menurut data BMKG, titik panas terpantau di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser; Kecamatan Long Pahangai, Kabupaten Mahakam Ulu; serta Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau.

Di Kabupaten Kutai Timur, titik panas terpantau tersebar di Kecamatan Sangatta Utara (6), Kecamatan Bengalon (12), Kecamatan Busang (1), dan Kecamatan Kaubun (3).

Baca Juga: Kilang Pertamina Balikpapan Raih 6 Penghargaan di APQA 2023

2. Titik panas juga ditemui Kutai Kartanegara

Puluhan Titik Panas Terdeteksi di Kaltim pada Musim Kemarau IniIlustrasi Karhutla (Doc. BNPB)

Selain itu, titik panas terpantau di Kecamatan Loa Kulu (2), Kecamatan Samboja (1), dan Kecamatan Muara Wis (1) di Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Semua titik panas yang terdeteksi kemarin memiliki tingkat kepercayaan menengah," kata Diyan.

Ia menambahkan, titik panas yang terpantau selama pengamatan Rabu (31/5/2023) berada di lokasi yang berbeda dengan titik panas yang terdeteksi dua hari sebelumnya.

3. BPBD terus memantau hasil titik panas

Puluhan Titik Panas Terdeteksi di Kaltim pada Musim Kemarau IniPetugas BPBD Paser saat mengangkat salah satu korban meninggal di danau yang diduga bekas tambang di Desa Krayan Makmur, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser pada 6 September 2020 (Dok. BPBD Paser/Istimewa)

Menurut dia, hasil pemantauan titik panas sudah disampaikan ke pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Diyan mengimbau masyarakat mewaspadai kemungkinan terjadi kebakaran menjelang musim kemarau.

"Saya juga mengajak masyarakat mengikuti aturan pemerintah, yakni tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan, tidak membakar sampah sembarangan, dan terus memantau informasi dari BMKG," katanya.

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya