PUPR akan Membangun Embung di Kawasan Bandara VVIP IKN 

Memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat

Penajam, IDN Times - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) akan membangun embung di kawasan bandara khusus Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim). Pembangunan embung untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi penduduk IKN di masa mendatang.

"Kami mendapatkan informasi untuk menambah lagi pembangunan embung yakni satu embung di Bandara VVIP IKN," ujar Direktur Jenderal SDA Kementerian PUPR Jarot Widyoko diberitakan Antara di Jakarta, Senin (7/8/2023). 

1. Pembangunan embung di lokasi Pemaluan PPU

PUPR akan Membangun Embung di Kawasan Bandara VVIP IKN ANTARA FOTO/Ampelsa

Jarot juga menambahkan, bahwa pihaknya juga siap untuk pembangunan embung tambahan lainnya yang berlokasi di Pemaluan Penajam Paser Utara (PPU) Kaltim. Pembangunan dua embung tambahan tersebut diharapkan dapat selesai bersamaan dengan pembangunan 19 embung lainnya di IKN pada tahun depan.

Dengan adanya dua pembangunan embung tambahan itu maka total embung yang dibangun di IKN menjadi 21 embung.

Embung merupakan bangunan konservasi air berbentuk kolam untuk menampung air hujan dan air limpahan atau air rembesan.

Baca Juga: 121 Jemaah Haji Asal Kabupaten PPU Sudah Pulang

2. Embung menyimpan air di musim hujan

PUPR akan Membangun Embung di Kawasan Bandara VVIP IKN Ilustrasi pembuatan embung. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Embung akan menyimpan air di musim hujan, kemudian airnya dapat dimanfaatkan pada musim kemarau atau saat kekurangan air.

Selain berfungsi sebagai media konservasi air, embung juga bisa menjadi habitat bagi berbagai jenis tumbuhan dan hewan, kemudian sebagai pengatur fungsi hidrolis, dan menjaga sistem serta proses-proses alami karena secara tidak langsung berperan sebagai penghasil oksigen melalui proses fotosintesa oleh berbagai jenis fitoplankton yang hidup di dalamnya.

3. Mempersiapkan ketersediaan air baku di IKN

PUPR akan Membangun Embung di Kawasan Bandara VVIP IKN ilustrasi embung batara sriten (instagram.com/ekoandriyanto32)

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan terkait ketersediaan air baku, seluruhnya telah dihitung dan dirasa siap untuk skema keberlanjutannya ke depan.

Arah pembangunan seperti waduk, bendungan, embung juga instalasi penyaring limbah disiapkan dengan baik untuk memastikan ketersediaan air IKN.

Ibu Kota Negara Nusantara dibangun untuk mencapai target Indonesia sebagai negara maju, sesuai Visi Indonesia 2045. Dibangun dengan identitas nasional, IKN akan mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, serta mempercepat Transformasi Ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Perumda Air Minum Penajam Beri Diskon Bagi Pelanggan, Cek Syaratnya!

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya