Rekor Arus Balik di Bandara Sepinggan, Penumpang Tembus 22 Ribu Jiwa

Perkiraan arus balik lebaran Idul Fitri

Balikpapan, IDN Times - Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan diprediksi akan dipadati oleh sekitar 22 ribu penumpang saat arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Hari ini, Senin (15/4), diprediksi sebagai puncak arus balik, dan hingga pukul 13.00 WITA, data yang kami terima mencapai sekitar lima ribu penumpang. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan mencapai 22 ribu," ungkap Ahmad Syaugi Shahab, General Manager Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan dilaporkan Antara, Senin (15/4/2024). 

1. Prediksi jumlah penumpang di Bandara Sepinggan

Rekor Arus Balik di Bandara Sepinggan, Penumpang Tembus 22 Ribu JiwaGeneral Manager PT Angkasa Pura I Bandara Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Syahab April 2024. (IDN Times/Sri.Wibisono)

Shahab menambahkan, jika jumlah penumpang mencapai 22 ribu, maka arus balik tahun ini akan mencatatkan sejarah bagi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

"Kemarin tercatat ada 20.498 penumpang, yang sudah merupakan rekor. Jika jumlah mencapai 22 ribu, itu akan melampaui rekor sebelumnya," jelasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa rute penerbangan terbanyak dalam arus balik tahun 2024 adalah dari Bandara Juanda Kota Surabaya, Jawa Timur, Bandara Sultan Hasanuddin Kota Makassar, Sulawesi Selatan, serta Bandara Internasional Yogyakarta, dan dari Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Baca Juga: Penumpang Penyeberangan Feri Rute PPU-Balikpapan Turun selama Lebaran

2. Penambahan penerbangan maskapan di Bandara Sepinggan

Rekor Arus Balik di Bandara Sepinggan, Penumpang Tembus 22 Ribu JiwaPesawat di Bandara Raden Inten II. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Selain itu, Shahab mengungkapkan bahwa dalam arus balik tahun ini terdapat sejumlah penerbangan tambahan dari beberapa maskapai seperti Lion Air dan lainnya.

"Pada malam sebelumnya, terdapat sembilan penerbangan tambahan, jika tidak salah," ujarnya.

Dia juga menambahkan bahwa lonjakan jumlah penumpang ini kemungkinan juga dipengaruhi oleh banyaknya pekerja konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang pulang ke kampung halaman.

3. Ribuan pekerja IKN mudik ke kampung halaman

Rekor Arus Balik di Bandara Sepinggan, Penumpang Tembus 22 Ribu JiwaMenteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau kesiapan Ibukota Nusantara (IKN) menggelar Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79, Senin (18/3/2024). Foto OIKN

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyatakan, bahwa pada libur ebaran tahun ini, sekitar 13 ribu dari total 16.380 pekerja IKN melakukan mudik ke kampung halaman.

"Mereka diperkirakan akan kembali pada tanggal 15 April," katanya.

Bambang menambahkan bahwa meskipun ada ribuan pekerja yang mudik, pekerjaan di IKN tetap berjalan tanpa hambatan.

"Setelah mereka kembali dari mudik dan mulai bekerja lagi, mereka pasti akan memiliki semangat yang lebih besar. Sebelum mereka pergi, mereka sudah mempertimbangkan kinerja mereka," ujarnya.

Baca Juga: Tenant Makanan di Bandara Sepinggan Balikpapan Terbakar

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya