Ribuan Penari Meriahkan HUT Provinsi Kaltim ke-67

Penari dari komunitas, siswa sekolah, dan organisasi wanita

Samarinda, IDN Times - Sebanyak 6.700 penari terdiri dari siswa sekolah, komunitas, organisasi wanita telah disiapkan memeriahkan acara hari ulang tahun (HUT) Provinsi Kalimantan Timur ke-67.

"Kita hadirkan 6700 penari karena ini ulang tahun ke-67. Kita ingin semua merasa senang dan bahagia. Meskipun persiapan singkat, tapi kemeriahan tari daerah ini harus kita lakukan setelah penyerahan panji-panji keberhasilan pada upacara nanti,” kata Sekretaris Daerah Kaltim Sri Wahyuni dilaporkan Antara di Samarinda, Senin (8/1/2024).

1. Tarian massal pada apel HUT Kaltim

Ribuan Penari Meriahkan HUT Provinsi Kaltim ke-67Pembalap sepeda MTB Hungaria Attila Gerely (kedua kanan) menirukan tarian Dayak dihadapan dua pemain Prancis Quentin Schrotzenberger (kanan), Madison Boisseire (kedua kiri), Senin (29/8/2022). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/hp

Ribuan penari itu akan menampilkan tarian massal jepen begenjoh pada apel HUT Kaltim ke 67, di Stadion Kadrie Oening Sempaja Samarinda, Selasa, 9 Januari 2024. Tarian jepen begenjoh ini merupakan hasil kreasi koreografi tari dari tari jepen tradisi Kaltim, jepen sidabil, jepen tungku, jepen tenggarong, dan dendang sumatra

Ribuan penari yang disiapkan meliputi 2.000 pelajar SD, SMP, SMA, SMK se-Kota Samarinda serta sebanyak 2.000 penari dari pegawai pemerintahan yang ada di organisasi perangkat daerah (OPD).

"Lalu para penari lainnya akan melibatkan seluruh payuguban, sanggar tari, Dharma Wanita, PKK, BKOW dan ormas," cakap Sri Wahyuni.

Baca Juga: Hujan Deras Menyebabkan Banjir di 22 Titik Lokasi Samarinda

2. HUT Kaltim dimulai tanggal 9 Januari 2024

Ia menjelaskan perayaan HUT Kaltim ke-67 ini dimulai pada tanggal 9 Januari 2024 dengan upacara seremonial, diikuti oleh pembukaan Pekan Rakyat Kaltim (PRK), sebuah acara yang yang dipersembahkan untuk mendukung kebahagiaan masyarakat Kaltim.

Sri Wahyuni menerangkan tahun 2024 ini kegiatan HUT Kaltim akan sangat meriah, namun tetap memberikan banyak kegiatan edukasi serta pelayanan publik yang mudah dijangkau masyarakat.

“Pesta rakyat Kaltim menjadi ruang publik bagi sejumlah kegiatan yang mencakup aspek budaya, pendidikan, kesenian, olahraga, hingga berbagai kompetisi menarik yang dimeriahkan oleh kehadiran artis-artis spesial. Kita berikan pengalaman tak terlupakan bagi masyarakat Kaltim dalam merayakan ulang tahun provinsi ini,” ucap Sri Wahyuni.

Selain itu, saat ini perangkat daerah semakin berinovasi dan berkreasi memberikan layanan.

3. Momen pesta rakyat bagi masyarakat Kaltim

Ribuan Penari Meriahkan HUT Provinsi Kaltim ke-67Penari melakukan ritual adat saat menampilkan tarian Dayak Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Minggu (28/8/2022). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/nym

Karenanya di momen pesta rakyat Kaltim ini masyarakat jangan sampai melewatkan kemudahan pelayanan yang diberikan masing-masing instansi sesuai dengan keperluannya baik dari sisi pelayanan publik, kesehatan, ekonomi, pariwisata, teknologi informasi dan masih banyak lainnya.

“Banyak talkshow, informasi layanan sertifikasi, pembagian ribuan bibit pohon buah-buahan dari Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian dan pelayanan Dinas lain selama 9-13 Januari 2024. Jadi ini sebuah perayaan yang di mana Pemerintah Provinsi hadir lewat perangkat daerahnya bersama sama dengan masyarakat,” tutur Sri Wahyuni.

Sebagai wanita pertama yang menjabat sebagai Sekda di Kaltim, Sri Wahyuni terus memberikan arahan agar semua masyarakat Kaltim terlibat meramaikan PRK.

4. Kegiatan baru menjadi garapan Diskominfo Kaltim

Ribuan Penari Meriahkan HUT Provinsi Kaltim ke-67Event internasional digelar di wilayah Kalimantan Tengah. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/aww

Ada pula kegiatan baru yakni lomba bekisah garapan Diskominfo Kaltim dan got talent yang diperuntukkan bagi karyawan ASN dan non ASN di lingkup Pemprov. Hal ini untuk melihat potensi pegawai yang bisa digunakan untuk menunjang pekerjaannya.

“Setiap malam ada kegiatan budaya di panggung. Nanti akan ada juga turnamen sepakbola serta sepeda santai yang pastinya akan melibatkan banyak massa. Kita harap momen HUT ke-67 dari kegiatan yang dirancang oleh perangkat daerah bisa menjadi inisiasi komunitas, tapi pasarnya juga meluas bagi masyarakat Kaltim,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Samarinda Siapkan Distribusi Pangan Beras di Tahun 2024 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya