SAR Gabungan Kaltim Suplai Logistik Korban Banjir di Mahakam Ulu

Air banjir sudah mulai surut

Samarinda, IDN Times - Tim Search and Rescue (SAR) Gabungan Provinsi Kalimantan Timur masih menyuplai logistik kebutuhan pangan bagi warga terdampak banjir di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) meski air sudah surut sejak Sabtu (18/5/2024) untuk membantu kebutuhan pokok warga setempat.

"Kebutuhan pokok terutama makanan tetap disuplai karena warga yang sempat terdampak banjir sebagian besar masih membersihkan rumah dan lainnya sehingga aktivitas belum sepenuhnya normal," kata Kepala Basarnas Kalimantan Timur (Kaltim), Dody Setiawan dilaporkan Antara, Senin (20/5/2024).

1. Bangan pangan disuplai dari Samarinda

 SAR Gabungan Kaltim Suplai Logistik Korban Banjir di Mahakam UluDistribusi bantuan logistik untuk bencana banjir di Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (18/5/2024). Foto istimewa

Bahan pangan dan sejumlah kebutuhan lain tersebut disuplai dari Samarinda menggunakan dua truk milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim menuju Tering, berjarak 338 km dengan waktu tempuh sekitar 10 jam melalui jalur darat.

Setibanya di Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), semua logistik kemudian dipindahkan ke long boat dan speed boat untuk melanjutkan perjalanan melalui Sungai Mahakam ke Long Bagun, Mahakam Ulu, dengan waktu tempuh antara 3-4 jam, tergantung kondisi arus sungai.

Baca Juga: Melintasi Jejak Sejarah, Kisah Jembatan Mahakam di Samarinda

2. Banjir di Mahakam Ulu sempat merendam 403 rumah warga

 SAR Gabungan Kaltim Suplai Logistik Korban Banjir di Mahakam UluPT PLN (Persero) melakukan percepatan pemulihan kondisi kelistrikan di wilayah Mahakam Ulu (Mahulu) Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (19/5/2024). Foto PLN

Sebelumnya, banjir di Mahakam Ulu sempat merendam 403 rumah warga. Di antaranya, 53 rumah di Kampung Long Bagun Ilir, 36 rumah di Kampung Batas Keloq, 98 rumah di Ujoh Bilang, 62 rumah di Long Melaham, 59 rumah di Mamahak Ilir, 52 rumah di Kampung Rukun Damai, dan 43 rumah di Kampung Long Merah.

Sedangkan perkantoran yang terendam ada 12, yaitu Markas Koramil 0912-03/Long Bagun, Markas Polsek Long Bagun, PLTD, kantor dinas kesehatan, kantor Camat Long Bagun, BRI, Bankaltimtara, Kantor Pengawas Kampung, dan empat kantor desa di Kecamatan Long Bagun.

3. Tim terlibat dalam penanganan banjir

 SAR Gabungan Kaltim Suplai Logistik Korban Banjir di Mahakam UluBencana banjir di Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (18/5/2024). Foto istimewa

Tim yang terlibat dalam penanganan banjir ini meliputi Tim Rescue Kantor SAR Balikpapan, Tim Rescue Pos SAR Samarinda, Dinas Kesehatan Kaltim, Dinas Sosial Kaltim, BPBD Kaltim, BPBD Samarinda, BPBD Kukar, BPBD Kubar, BPBD Mahakam Ulu, Polsek Kubar, dan Polres Mahakam Ulu.

"Sementara untuk Tim Rescue Kota Balikpapan, BPBD Kabupaten Kubar, dan BPBD Provinsi Kaltim, hari ini bergeser dari Mahakam Ulu ke Kubar karena di Kubar juga terjadi banjir. Tim tiba di Posko Kubar sekitar pukul 17.00 sore tadi, sehingga mereka akan melanjutkan tugas besok pagi," katanya.

Ia juga menambahkan bahwa Tim SAR Gabungan Kaltim yang awalnya disiagakan di Kubar pada hari Senin ini melakukan pemantauan situasi banjir di Kecamatan Melak. Kondisi air terpantau dengan ketinggian rata-rata 50 cm.

Baca Juga: Bandara Samarinda Sambut Long Weekend dengan Tambah Penerbangan    

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya