Sebagian Wilayah Kalsel Diprediksi akan Berasap karena Karhutla

Asap akan terlihat mulai pukul 08.00 Wita

Kandangan, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) berasap pada Senin pagi berlaku mulai pukul 08.00 Wita.

Antara melaporkan, kondisi berasap ini diprediksi akan terjadi di pagi hari di Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah, selain itu BMKG juga mengingatkan warga untuk waspada kebakaran hutan dan lahan atau karhutla, pemicu cuaca berasap.

1. Sebagian wilayah Kalsel cerah

Sebagian Wilayah Kalsel Diprediksi akan Berasap karena KarhutlaIlustrasi penanganan karhutla (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Sementara, untuk Kabupaten Kotabaru, dan Balangan, Hulu Sungai Utara, Tabalong, dan Kabupaten Tanah Bumbu berpotensi cerah di pagi hari.

Kemudian, prakiraan cuaca di siang hari untuk seluruh Kalsel diprediksi semuanya cerah berawan kembali, dan berlanjut di malam hari dan dini hari dengan kondisi cuaca cerah dengan suhu rata-rata dari 22 hingga 34 Celsius. 

Baca Juga: BPOM Pastikan Makanan di Kantin Sekolah Samarinda Aman Dikonsumsi 

2. Gelombang ombak tinggi di perairan

Sebagian Wilayah Kalsel Diprediksi akan Berasap karena KarhutlaIlustrasi gelombang tinggi (IDN Times/Mardya Shakti)

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terkait informasi prakiraan gelombang, mengimbau waspada dengan peringatan dini bagi kapal nelayan, kapal tongkang dan kapal feri.

Kewaspadaan ini  terhadap potensi gelombang tinggi mencapai 2,5 meter di perairan selatan Kalimantan (Laut Jawa) dan perairan Kotabaru.

3. Karhutla di Kalimantan

Sebagian Wilayah Kalsel Diprediksi akan Berasap karena KarhutlaANTARA FOTO/FB Anggoro

Bencana kabut asap acap kali terjadi di Kalimantan akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah lahan gambut Pulau Kalimantan. Penyebaran asap karhutla bahkan sampai menyebar ke negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. 

Pembakaran lahan gambut dilakukan pihak tidak bertanggung hingga perusahaan perkebunan berada di Kalimantan. 

Baca Juga: Pedagang Miras Ilegal di Samarinda Ditertibkan oleh Satpol PP

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya