Sembilan Titik Panas Tanda Karhutla Ditemukan di Kaltim 

Terdapat di dua kabupaten di Kaltim

Balikpapan, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil mendeteksi sembilan titik panas tanda kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tersebar di dua kabupaten di provinsi ini. 

"Sebanyak sembilan titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita," ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani diberitakan Antara, Kamis (7/7/2022). 

1. Lokasi titik panas sudah dilaporkan ke pihak terkait

Sembilan Titik Panas Tanda Karhutla Ditemukan di Kaltim Ilustrasi karhutla (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Sebaran sembilan titik panas tersebut langsung ia informasikan ke pihak terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat, guna memperoleh penanganan lebih lanjut.

Adapun sembilan titik panas yang tersebar pada dua kabupaten di Kaltim tersebut, adalah tujuh titik terpantau di Kabupaten Kutai Timur, sedangkan sisanya yang dua titik terdeteksi di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Baca Juga: Tangkal Bahaya Karhutla, Disbun Kaltim Dorong Kelompok Tani Peduli Api

2. Lokasi titik panas di Kaltim

Sembilan Titik Panas Tanda Karhutla Ditemukan di Kaltim Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Rinciannya adalah tujuh titik yang terpantau di Kabupaten Kutai Timur tersebar pada empat kecamatan, yakni empat titik panas di Kecamatan Bengalon, kemudian Kecamatan Kaubun, Sangatta Utara, dan Kecamatan Telen yang masing-masing terdapat satu titik.

Sebanyak dua titik panas yang terdeteksi di Kabupaten Kutai Kartanegara tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kembang Janggut pada koordinat 116.3368 bujur dan 0.2834 lintang dengan tingkat kepercayaan menengah.

3. Penemuan titik panas pada pekan sebelumnya

Sembilan Titik Panas Tanda Karhutla Ditemukan di Kaltim Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Hari Minggu lalu, pihaknya juga mendeteksi 33 titik panas yang tersebar pada enam kabupaten dan kota di Provinsi Kaltim, namun semua titik panas tersebut sudah tidak ada lagi berkat adanya penanganan dari pihak terkait.

"Kemudian di Kecamatan Tabang dengan koordinat 116.1124 bujur dan 0.4591 lintang yang juga memiliki tingkat kepercayaan menengah. Sama seperti di Kabupaten Kutai Timur, titik panas di kabupaten itu juga memiliki tingkat kepercayaan menengah," ujar Carolina.

Baca Juga: BMKG Deteksi 33 Titik Panas di Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya