Struktur Organisasi dan Tata Kerja Otorita IKN Nusantara Disusun

Pos struktur organsasi disusun hingga akhir 2022

Samarinda, IDN Times - Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara disebut akan menyusun struktur organisasi dan tata kerja paling lambat 2022. Sehingga sudah dapat memiliki Badan Anggaran sendiri pada tahun 2023, sesuai kebutuhan yang diusulkan oleh Otorita IKN.

"Kepala Otorita IKN sebagai koordinator pembangunan dan pemindahan IKN perlu melakukan tagging kegiatan-kegiatan pada anggaran masing-masing Kementerian/Lembaga yang berbasis IKN, sehingga mudah dilakukan monitoring dan evaluasi bersama," jelas Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Kaltim Fahmi Himawan dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Senin (23/5/2022).  

1. Perencanaan One Map-One Planning IKN

Fahmi Himawan,menghadiri rapat Konsinyering Perencanaan One Map-One Planning IKN, di Hotel Alila SCBD, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu 21 Mei 2022. Ia menjelaskan, pengisian SOTK ini penting, agar Kepala Otorita maupun Wakil Kepala Otorita bisa bekerja maksimal.

Selain itu, rapat juga membahas rencana pembangunan IKN akan berlangsung dalam 7 tahap tahun 2022-2045, yakni tahap I tahun 2022-2024 terdapat beberapa isu prioritas rencana pembangunan IKN, tahap I hingga 2024, yang disampaikan Bidang Perencanaan antara lain skenario pemindahan ASN, antara skenario 60.000 ASN dan skenario realistis 6.000 ASN.

Baca Juga: Pemkot Samarinda Bongkar Jembatan Tua Gang Nibung

2. Skenario penyediaan infrastruktur bagi penghuni IKN Nusantara

Struktur Organisasi dan Tata Kerja Otorita IKN Nusantara DisusunPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Skenario penyediaan perumahan, Fasum Fasos, dan infrastruktur dasar permukiman. Hunian tenaga kerja konstruksi tahap 1A tahun 2024. Status pelepasan hutan area pembangunan prioritas 2024. Status lahan belum bebas WP 1. Potensi kerja sama investasi, mulai komersial, rumah sakit internasional, sekolah internasional. Alokasi lahan dan luasan optimal kavling K/L (Prinsip Compact City), 10 Minutes City. Prinsip arsitektur bangunan dan KPI arsitektur bangunan.

"Yang jelas rapat ini merupakan tindak lanjut atas terbitnya Kepmensesneg No 105 Tahun 2022 tentang Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan dan Pemindahan IKN," jelasnya sembari menambahkan sedianya Gubernur Kaltim Isran Noor yang diundang.

3. Momentum sejarah bangsa dalam pemindahan IKN

Struktur Organisasi dan Tata Kerja Otorita IKN Nusantara DisusunSebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Wakil Menteri LHK Alue Dohong yang sekaligus tim penasihat menjelaskan, momentum sejarah bangsa diharapkan pembangunan dan pemindahan IKN akan berhasil melalui kerja keras awal dari tim transisi, sehingga proses perencanaan, pembangunan dan pemindahan IKN dapat berjalan lancar sesuai waktu perencanaan, tanpa harus melanggar peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Hadir rapat tim ahli sekretariat yang juga Rektor Unmul Prof Dr H Masjaya dan Koordinator Tim Ahli Dr Wicaksono Sarosa serta Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Baca Juga: Bus Pulau Indah Alami Kecelakaan di Km 70 Tol Balikpapan-Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya