Suasana Meriah Wisata Belanja Ramadan di Samarinda 

Kuliner takjil dan hiburan menarik perhatian warga

Samarinda, IDN Times - Wisata Belanja Ramadan di halaman Gedung Olahraga (GOR) Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, menarik sekitar seribu warga setempat pada hari pertama pembukaan, Selasa.

Terdapat sekitar 130 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang menawarkan berbagai macam kuliner santapan berbuka puasa (takjil).

"Suasana sangat ramai dan banyak sekali makanan yang ditawarkan. Kami sengaja datang bersama keluarga untuk menikmati wisata belanja ini," ujar salah seorang pengunjung bernama Icha diberitakan Antara, Rabu (13/3/2024). 

1. Antusias warga Samarinda membeli takjil di Samarinda

Suasana Meriah Wisata Belanja Ramadan di Samarinda ilustrasi makan makanan yang sehat (pexels.com/Sami Abdullah)

Ia mengaku tidak memasak di hari pertama puasa sehingga ia dan keluarganya memilih berjalan-jalan sambil menunggu waktu berbuka puasa dan membeli beberapa macam lauk pauk, sayuran masak, hingga kue manis lokal seperti Wadai Talam khas Kalimantan.

Baginya, hari pertama Ramadan adalah kesempatan untuk menikmati suasana pasar kue yang menawarkan berbagai macam takjil. Ia pun terkejut melihat jumlah pengunjung yang begitu banyak dan ragam kuliner yang ditawarkan begitu unik.

"Sekarang lebih beragam. Tidak hanya kuliner lokal, tapi saya juga melihat jajanan ala Korea dan Jepang," tambahnya.

Baca Juga: Rekomendasi Bengkel Motor dengan Pelayanan Terbaik di Samarinda

2. Testimoni pedagang takjil di Samarinda

Suasana Meriah Wisata Belanja Ramadan di Samarinda Sejumlah warga memilih makanan berbuka puasa di pasar takjil Kampung Bambu Runcing Kauman, Parakan, Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (12/3/2024). ANTARA FOTO/Anis Efizudin/Spt

Salah seorang penjual takjil, Adelia Sanda, menyatakan bahwa ini adalah kali pertama ia menjual produknya di Wisata Belanja Ramadan GOR Segiri Samarinda.

"Produk yang kami tawarkan agak berbeda dari yang biasanya, yaitu gohyong yang terbuat dari campuran daging ayam, udang, telur, dan bumbu seperti bawang putih dan merica," ungkap Adelia.

Ia merasa bersyukur karena produknya laris manis pada hari pertama Ramadan karena banyaknya pengunjung yang berkunjung ke pasar tersebut. "Selain gohyong, kami juga menawarkan minuman segar seperti es melon nata de coco dan es dengan berbagai rasa lainnya," tambah Adelia.

3. Lapak Ramadan memiliki fasilitas listrik dan kebersihan

Suasana Meriah Wisata Belanja Ramadan di Samarinda Sejumlah warga memadati pasar takjil Ramadhan di kawasan Kota Bawah, Kota Sabang, Aceh, Selasa (12/3/2024). ANTARA FOTO/Khalis Surry

Setiap lapak yang disediakan memiliki ukuran 4x4 meter dengan fasilitas listrik, keamanan, dan kebersihan yang terjamin.

Kue basah, es buah, dan gorengan menjadi favorit pengunjung, namun hampir semua jenis makanan ramai diburu. Bahkan, menjelang pukul 17.30 WITA, beberapa UMKM sudah kehabisan stok dagangannya, sementara sebagian besar masih menyisakan sekitar 30 persen.

Selain kuliner, Wisata Belanja Samarinda juga menawarkan barang non-kuliner seperti pakaian dan aksesori, serta menghadirkan panggung hiburan dan berbagai wahana permainan untuk semarakkan acara tersebut.

Baca Juga: Samarinda, Surga Kuliner dengan Harga Terjangkau

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya