Tampil di TV Nasional, Sekda Kaltim Promosikan Destinasi Wisata 

Keunggulan potensi pariwisata

Samarinda, IDN Times - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) semakin dikenal bukan hanya penyumbang devisa negara terbesar melalui kekayaan sumber daya alamnya, tetapi kekhasan dan keunggulan potensi pariwisatanya, termasuk ekonomi kreatif lokal.

"Kalender event menjadi sebuah strategi yang harus berlanjut, bahkan beberapa event Kaltim masuk Kharisma Event Nasional. Dan tahun ini ada tiga, yakni TIFAF di Kutai Kartanegara, Balikpapan Fest dan Festival Lomplai," ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni saat tampil dalam siaran televisi nasional dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Minggu (9/7/2023). 

1. Program siar bertema Geliat Industri Hiburan dan Pariwisata

Masih dalam program siar bertema Geliat Industri Hiburan dan Pariwisata pascapandemik, Sekda Sri berharap ke depan semakin banyak event di Kaltim yang masuk dalam Kharisma Event Nasional.

Terlebih setelah Kaltìm menjadi serambi Ibukota Nusantara (IKN), ibu kota baru Negara RI, maka Pemerintah Provinsi Kaltim bersama kabupaten dan kota terus memacu penyelenggaraan event seni budaya dan pariwisata.

"Saat ini, sedang berlangsung event MICE tapi bercampur festival budaya yaitu OICCA, atau aktivitas kunjungan budaya dari negara-negara OKI. Di Indonesia baru pertama dan Kaltim menjadi tuan rumahnya," urai mantan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim itu.

Baca Juga: Pelaku Prostitusi Anak di Samarinda Ditangkap Polisi

2. Kegiatan OICCA di Kaltim

Tampil di TV Nasional, Sekda Kaltim Promosikan Destinasi Wisata Salah satu acara di Pantai Manggar Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Khusus kegiatan OICCA (Organization Islamic Cooperation Culture Activity) di Kaltim, lanjutnya, peserta kunjungan budaya negara-negara Islam ini menghadiri Pesta Budaya Pampang di Samarinda, berlanjut malam nanti ke event budaya Tenggarong International Folk Art Festival (TIFAF) Kutai Kartanegara.

"Dan mereka akan mengikuti Kaltim Fest 2023 di Samarinda hingga 14 Juli ini," ujarnya.

Sebelumnya, Festival 6 bertagline Lintas Generasi Tanpa Batas dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno dan berharap semua bergerak bersinergi membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi kreatif pascapandemik melalui adaptasi, inovasi dan kolaborasi. 

3. Kaltim membangun network yang kuat

Tampil di TV Nasional, Sekda Kaltim Promosikan Destinasi Wisata Lokasi wisata Pulau Derawan di Berau Kaltim. Foto dok

Menurutnya, Kaltim harus membangun network yang kuat sehingga event sukses dilaksanakan dan terbuka lapangan kerja, serta ekonomi semakin pulih. 

Dalam siaran televisi ini, Sri Wahyuni tampil bersama narasumber Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Niel Himam, Sekjen PHRI Maulana Yusan dan Wali Kota Tarakan Dr Khairul.

Hadir mendampingi Sekda, Kadis Kominfo Kaltim M Faisal dan Kepala Banhub Kaltim Raihan Fida Nuzband. 

Baca Juga: Rutan Samarinda Tingkatkan Layanan selama Layanan Kunjungan Tatap Muka

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya