Titik Panas di Kaltim Dilaporkan Turun dari 406 Menjadi 129 Titik

Pantauan BMKG di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan menyebutkan pada Selasa (5/9/2023) jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) turun menjadi 129, berkurang drastis ketimbang hari sebelumnya yang terdeteksi 406 titik.

"Sebanyak 129 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga 16.00 Wita dan tersebar di enam kabupaten," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida dilaporkan Antara di Balikpapan, Selasa (5/9/2023).

1. Titik panas indikator kebakaran hutan dan lahan

Titik Panas di Kaltim Dilaporkan Turun dari 406 Menjadi 129 TitikIlustrasi petugas dari satgas gabungan pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) berusaha memadamkan kebakaran lahan di Jalan Tjilik Riwut Km 9, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (31/8/2023). ANTARA FOTO/Auliya Rahman/hp

Titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan (Karhutla) yang terdeteksi dari suatu lokasi, dengan suhu relatif tinggi dibandingkan dengan suhu di sekitarnya.

Untuk itu ia mengajak semua lapisan masyarakat saling menjaga dan waspada, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan, kemudian tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan agar tidak terjadi karhutla lagi, atau paling tidak mengurangi jumlah sebaran.

Ia mengatakan informasi sebaran titik panas tersebut telah disampaikan ke pihak terkait, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

2. Karhutla di kota/kabupaten di Kaltim

Titik Panas di Kaltim Dilaporkan Turun dari 406 Menjadi 129 TitikKepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Sebanyak 129 titik panas hari ini tersebar di Kabupaten Paser (10), Penajam Paser Utara (1), Kutai Barat (15), Kutai Timur (36), Kutai Kartanegara (26), dan Kabupaten Berau (41). 

Perinciannya antara lain di Kabupaten Paser yang terdeteksi 10 titik panas tersebar pada empat kecamatan yakni Batu Sopang (4), Batu Engau (3), Long Ikis (2), dan Kuaro (1) yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

3. Lokasi titik panas di Kutai Barat

Titik Panas di Kaltim Dilaporkan Turun dari 406 Menjadi 129 TitikIlustrasi karhutla api membakar lahan di Jalan Tjilik Riwut Km 9, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (31/8/2023). ANTARA FOTO/Auliya Rahman/hp

Di Kabupaten Kutai Barat yang terdeteksi 15 titik panas, lanjut Diyan, tersebar pada empat kecamatan yakni Siluq Ngurai (5), Muara Pahu (4), Jempang (5), dan Dilangputi (1) yang semuanya juga memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara yang terpantau 26 titik panas, tersebar pada tujuh kecamatan yakni Samboja (1), Sanga-Sanga (4), Muara Muntai (7), Muara Kaman (6), Loa Janan (2), Kenohan (2), dan Anggana (4), dengan tingkat kepercayaan menengah.

Baca Juga: Arena Judi Sabung Ayam di Balikpapan Dibongkar

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya