TNI AU Serbu Vaksinasi agar Herd Immunity Tercapai di Berau

Berau Coal mendukung penuh demi kesehatan warga

Balikpapan, IDN Times - Korps TNI Angkatan Udara melakukan serbuan penyuntikan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Berau Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (9/10/2021). Vaksinasi ini menyuntikkan 10.500 dosis kedua untuk masyarakat Bumi Batiwakkal hingga ke pelosok.

PT Berau Coal mendukung penuh proses vaksinasi masyarakat Berau ini. Pilar bisnis Sinar Mas Grup ini berupaya turut berkontribusi dalam menekan penyebaran pandemik COVID-19 di Kaltim. 

"Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, khususnya kepada Bupati Berau, Kepala Bandara Berau, Kapolres Berau dan Sinar Mas Berau Coal," kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Dhomber Kolonel Pnb Dedy Susanto dalam press rilis diterima IDN Times, Rabu (13/10/2021).

1. Vaksinasi di Berau berlangsung tertib dan lancar

TNI AU Serbu Vaksinasi agar Herd Immunity Tercapai di BerauPelaksanaan serbuan vaksinasi COVID-19 oleh TNI AU di Kabupaten Berau Kalimantan Timur (Kaltim). Foto istimewa

Dalam kesempatan itu, Dedy  selaku Ketua Pelaksana, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak yang mendukung agenda TNI AU ini. Sehingga kegiatan vaksinasi ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar, bahkan juga dengan sangat tertib.

Yang mana pemberian vaksinasi ini dimulai sejak 8-11 September dengan 10.500 dosis untuk tahap I, dan untuk tahap II pada 6-9 Oktober dengan jumlah dosis vaksin yang sama.

"Dengan dukungan ini tentu kami sangat terbantu, hingga dapat memudahkan kami dalam menyukseskan penyelenggaraan serbuan vaksinasi ini di Berau," sambungnya.

Sehingga harapannya, dengan adanya serbuan vaksinasi ini angka penularan COVID-19 dapat ditekan, dan level di Kabupaten Berau ini juga bisa semakin menurun. Tentu saja dengan kerja sama yang dilakukan ini bisa memberikan manfaat positif kepada masyarakat.

"Harapan kami, untuk masyarakat walaupun telah divaksin kita harus tetap melaksanakan protokol kesehatan, karena kami ingatkan bahwa vaksin itu tidak menjamin tidak tertular," tuturnya.

"Tapi vaksin ini bagian dari ikhtiar kita dalam upaya menekan dampaknya sehingga prokes tetap menjadi paling utama. Mudah-mudahan dengan adanya vaksinasi ini angka penularan dapat kita tekan khususnya di Berau dan level PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) turun," imbuhnya.

Lanjut Dedy menambahkan, dengan serbuan vaksin dan kerja sama semua pihak ini dapat memberi manfaat untuk masyarakat Berau sehingga persentase masyarakat telah divaksin terus bertambah.

Baca Juga: TNI AU Serbu COVID-19 di Kaltim dengan Berau Coal dan Sinar Mas

2. Vaksinasi mampu menekan jumlah kasus COVID-19 di Berau

TNI AU Serbu Vaksinasi agar Herd Immunity Tercapai di BerauDanlanud Dhomber Kolonel Pnb Dedy Susanto memberikan sertifikat sudah divaksin COVID-19 pada perwakilan warga Berau Kalimantan Timur. Foto istimewa

Saat itu pula, Bupati Berau Sri Juniarsih menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya penyelenggaraan vaksinasi TNI AU. Termasuk pula kepada pihak Berau Coal yang aktif berkontribusi lewat Program Bakti Berau Coal Sinar Mas untuk Indonesia. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran Forkopimda dan stakeholder seperti perusahaan Berau Coal, semoga sinergi ini bisa terus berjalan lebih baik lagi ke depan," katanya.

Juniarsih mengatakan, masyarakat Berau pastinya sangat terbantu dalam memperoleh suntikan vaksinasi COVID-19 ini di masa-masa pandemik. Mewakili masyarakatnya, ia pun mengaturkan ribuan rasa terima kasih pada TNI AU dan juga Berau Coal. 

Adanya kegiatan vaksinasi bisa membuat angka COVID-19 semakin menurun dan PPKM di Berau juga bisa kembali turun ke level 1 atau 2. Sebagai catatan, Kabupaten Berau masih berada di PPKM level 3. 

Untuk persentase vaksinasi sendiri di Kabupaten Berau telah mencapai 48 persen dari jumlah penduduk warga Berau.

"Persentase vaksinasi kita di Berau sekitar 48 persen dari jumlah penduduk yang ada. Kondisi kita di Berau juga semakin membaik terbukti dari 13 kecamatan 11 di antaranya sudah zona kuning dan 2 zona hijau sehingga saya tekankan kepada masyarakat agar tetap patuh dan menjalankan protokol kesehatan," tutupnya.

Salah satu warga penerima vaksin, Febrika Dian Christine mengaku, kegiatan seperti ini memudahkan masyarakat Berau untuk memperoleh vaksin. Karena penyebaran informasinya sangat meluas.

"Terima kasih kepada TNI AU dan Berau Coal, karena sudah mengadakan vaksinasi ini. Kami lebih dimudahkan. Harapannya, semoga bisa lebih banyak lagi vaksin-vaksin ke depannya," tutur Febrika.

3. Berau Coal komitmen dalam mendukung penanganan pandemik COVID-19

TNI AU Serbu Vaksinasi agar Herd Immunity Tercapai di BerauManajemen PT Berau Coal Yoyok N. Pramono menerima piagam penghargaan dari TNI AU yang diserahkan oleh Danlanud Dhomber, Kolonel Pnb Dedy Susanto. Foto istimewa

Sementara itu, Corporate Communication Manager Berau Coal Arif Hadianto menjelaskan, dukungan terhadap pelaksanaan serbuan vaksinasi yang diselenggarakan oleh TNI AU ini merupakan bentuk komitmen perusahaannya mendorong terbentuknya herd immunity di Berau.

"Tujuan utamanya kami adalah pertama mendorong supaya vaksinasi di Berau jumlahnya semakin banyak, kedua harapannya agar kekebalan kelompok itu terbentuk. Dan ini salah satu komitmen kita terhadap Berau," jelas Arif

"Kita juga patut bersyukur dari jumlah orang yang telah divaksin di Berau jumlahnya terus bertambah sehingga ke depan kita dorong pihak-pihak lain bersama menyukseskan vaksin ini untuk membentuk herd immunity," tuturnya.

Arif juga menyampaikan agar vaksin tidak hanya terfokus di satu tempat tetapi bisa dilakukan hingga ke pelosok daerah yang ada di Kabupaten Berau.

Sebelumnya, bakti sosial Berau Coal Sinar Mas untuk Indonesia selain mendukung serbuan Vaksin TNI AU, juga membagikan 20.420 paket sembako untuk masyarakat Berau terdampak COVID-19. Kemudian, memberikan bantuan berupa 10 alat bantu pernapasan (HFNC) dan 125.000 obat penanganan pasien COVID-19. 

Selain itu Berau Coal juga ambil bagian dalam penambahan kapasitas ruang rawat untuk pasien kasus konfirmasi COVID-19, dengan kapasitas 40 bed di RSUD Abdul Rivai Tanjung Redeb.

Baca Juga: Karya Seni Batik di Kampung Maluang Berau

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya