Comscore Tracker

TNI Tanam Kawasan Perbatasan di Nunukan dengan Pohon Buah-buahan

Agar terlihat indah dari sudut negara tetangga

Balikpapan , IDN Times - Pasukan TNI melakukan penanaman sebanyak 300 bibit buah-buahan di sepanjang area perbatasan dengan Malaysia di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara (Kaltara). Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Armed 18/K melakukan penanaman pohon, jenis ketapi, jambu bol, kalangkala (khas tidung), rambai, keledang, jamblang, sirsak, dan beberapa jenis tanaman endemik Kalimantan. 

 

"Kita ingin kabupaten yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini tetap hijau, asri dan lestari. Enak dipandang pihak luar," kata salah seorang perwira Satgas Pamtas Nunukan Letnan Satu Arm Rizki, Minggu (10/10/2021). 

1. Satgas Pamtas RI-Malaysia

TNI Tanam Kawasan Perbatasan di Nunukan dengan Pohon Buah-buahanIlustrasi prajurit TNI AD (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Komandan Yonif Armed 18/K Letnan Kolonel Arm Yudhi Ari Irawan yang memimpin pasukan Satgas Pamtas di Nunukan. Selain menjaga area perbatasan, pasukan TNI pun aktif menjaga kelestarian lingkungan di Nunukan, khususnya di Sedadap, Jalan Sei Sembilan, Kecamatan Nunukan Selatan.

Sehingga kegiatan pasukan juga dimaksudkan agar tanaman endemik Kalimantan tidak punah. Pelestarian lingkungan akan memberikan dampak positif terhadap ekosistem lingkungan di Nunukan. 

"Kegiatan ini patut dicontoh Nunukan, bahkan masyarakat dapat menanam pohon yang bermanfaat bagi keluarga dan lingkungannya," ungkap Rizki.

Baca Juga: Pesawat Pengangkut BBM Tergelincir di Bandara Yuvai Semaring Nunukan

2. Ada beberapa tanaman yang langka di Kalimantan

TNI Tanam Kawasan Perbatasan di Nunukan dengan Pohon Buah-buahanphone

Dalam aksi lingkungan ini, pasukan Satgas Pamtas sengaja memilih tanaman asli tumbuh di Kalimantan. Rizki mencontohkan sejenis tanaman pohon khas Suku Tidung yang keberadaannya terbilang langka di Nunukan. 

"Pohon yang kita tanaman ini sudah mulai langka, jadi melalui kegiatan ini kita ingin melestarikan. Ke depannya dapat menjadi investasi di masa akan datang," tegasnya.

3. TNI mengajak masyarakat peduli lingkungan

TNI Tanam Kawasan Perbatasan di Nunukan dengan Pohon Buah-buahan@pendidikankonservasitangkoko

TNI mengharapkan agar kegiatan ini mampu menjadi motor agar masyarakat Nunukan lebih peduli pada pelestarian lingkungan di wilayahnya. Sehingga selain melibatkan personel Satgas Pamtas, TNI mengajak pihak-pihak lain bersama-sama meramaikan penanaman pohon ini. 

Mereka yang turut serta di antaranya pihak swasta, komunitas pecinta alam, dan para pelajar dari SMKN 1 Nunukan. 

Baca Juga: Puluhan Kilogram Narkoba Berakhir di Toilet Polres Nunukan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya