TPS Bernuansa Cinta di Samarinda Kolaborasi Pemilu dengan Valentin

Menarik para pemilih suara di Samarinda

Samarinda, IDN Times - Tempat Pemungutan Suara (TPS) 22 di wilayah Rukun Tetangga (RT) 19, Kelurahan Sidodamai, Kecamatan Samarinda Ilir, Kota Samarinda, menjadi sorotan dengan dekorasi yang unik. Dihiasi dengan warna merah muda, bunga-bunga, dan perabotan bertema hati, TPS ini mempersembahkan suasana yang berbeda.

"Kami mengusung tema cinta dan kasih sayang. Kami memilih untuk mengubah sedikit, bukan hanya hari kasih sayang, tetapi hari kasih suara," ujar Ketua RT 19 Kelurahan Sidodamai Ahmad Mustofa dilaporkan Antara di Samarinda pada hari Rabu (14/2/2024).

1. Desain TPS yang menggunakan bunga-bunga

TPS Bernuansa Cinta di Samarinda Kolaborasi Pemilu dengan ValentinTPS 21 RT 24 di Palembang bewarna pink tema valentine (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut Mustofa, desain TPS ini dengan sengaja menggunakan bunga-bunga dan area foto (photo booth) untuk menyambut pemilih pada 14 Februari, yang juga dikenal sebagai Hari Kasih Sayang.

Mustofa menambahkan bahwa ide dekorasi ini bertujuan untuk menarik perhatian pemilih untuk datang dan memberikan suara mereka. Petugas TPS 22 mengaku membutuhkan dua hari untuk menyiapkan dekorasi yang bernuansa cinta tersebut.

"Persiapan untuk TPS ini terbilang singkat, tidak sampai tiga hari. H-3 tenda sudah terpasang, dan H-2 kami mulai mendekorasi. Saya rasa tema ini dapat memotivasi agar lokasi TPS menjadi nyaman bagi warga yang datang," ujarnya.

Baca Juga: Warga Tionghoa Samarinda Rayakan Imlek di Klenteng Tien Le Kong 

2. Pj Gubernur Kaltim meninjau TPS di Samarinda

TPS Bernuansa Cinta di Samarinda Kolaborasi Pemilu dengan ValentinPelaksanaan pemilu di TPS 57, Kedukan 3-4 Ulu, Palembang (dok. Pribadi/Kevin Winardi)

TPS 22 juga menerima kunjungan dan apresiasi dari Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik, yang meninjau kesiapan beberapa lokasi pemungutan suara di Samarinda.

"Salah satu TPS di sini menurut saya sangat kreatif. Kami memberikan apresiasi untuk TPS tersebut," kata Akmal Malik.

Akmal mengajak seluruh petugas TPS di Kaltim, terutama di Samarinda, untuk menciptakan suasana yang unik dan menarik guna meningkatkan partisipasi masyarakat.

Dia juga berjanji memberikan hadiah khusus bagi panitia TPS yang berhasil menarik partisipasi minimal 90 persen dari pemilih.

3. Partisipasi pemilih di Kaltim

TPS Bernuansa Cinta di Samarinda Kolaborasi Pemilu dengan ValentinPj Gubernur Kaltim, Akmal Malik (IDN Times/Ervan)

Akmal Malik juga mengapresiasi partisipasi pemilih di Kaltim yang mencapai 50 persen di beberapa TPS hingga pukul 10.00 Wita.

"Kami juga aktif dalam menjemput partisipasi pemilih. Bagi yang sakit, kami akan menjemput mereka. Kami berharap partisipasi akan meningkat menjadi di atas 80 persen sore nanti. Ini adalah kesempatan kita untuk membuktikan diri sebagai warga negara yang baik," tuturnya.

Terkait keamanan, Akmal Malik menyatakan bahwa situasi di Kaltim masih kondusif. Dia bersama Kapolda, Pangdam, Kajati, dan Wali Kota/Bupati terus memantau di lapangan untuk melihat langsung situasi pemilihan umum.

"Kami bersyukur masih aman dan semoga tetap seperti itu hingga selesai. Ini adalah partisipasi kita semua untuk menjaga keamanan," kata Akmal Malik.

Baca Juga: Kelurahan di Samarinda Siapkan TPS dengan Anggaran Rp8,35 Juta

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya