Umat Hindu Samarinda Gelar Upacara Melasti di Sungai Mahakam

Perayaan Hari Raya Nyepi di Samarinda

Samarinda, IDN Times - Umat Hindu di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Katim) menggelar upacara Melasti perdana di tepian Sungai Mahakam, tepatnya di Taman Teluk Lerong, sebagai rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946.

"Upacara Melasti kali ini merupakan yang pertama digelar di Sungai Mahakam, yang selama ini menjadi sumber kehidupan masyarakat Samarinda dan Katim," kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kalimantan Timur I Made Subamya dilaporkan Antara Samarinda, Minggu (10/3/2024).

1. Melasti adalah ritual suci umat Hindu untuk menyucikan diri

Umat Hindu Samarinda Gelar Upacara Melasti di Sungai MahakamTari kecak di Pantai Melasti, Bali (unsplash.com/@wedaaa)

Melasti adalah ritual suci yang dilakukan umat Hindu untuk menyucikan diri dan alam semesta dengan mendatangi sumber air, sebelum merayakan Nyepi yang jatuh pada Senin (11/3/2024).

"Karena kita warga Samarinda, kita sangat menghormati apa pun yang ada di wilayah kita sendiri. Tentu suatu kebahagiaan, suatu kehormatan juga bagi kita, karena kita diberikan izin oleh pemerintah," ujar Subamya.

Ia mengaku bangga bisa melaksanakannya di tempat mereka berpijak. Karena, selama ini ritual tersebut dilakukan ke pantai, kadang-kadang gabung di Kutai. "Untuk tahun ini, hal yang istimewa kita bisa melakukan sendiri Melasti untuk umat Hindu di Samarinda," ucapnya.

Baca Juga: Proyek Terowongan di Samarinda Sudah Berjalan 40 Persen

2. Sesaji dan air suci dari Sungai Mahakam

Umat Hindu Samarinda Gelar Upacara Melasti di Sungai Mahakamilustrasi umat Hindu di Bali. (pexels.com/el jusuf)

Dalam upacara Melasti, umat Hindu membawa sejumlah sesaji dan air suci yang diambil dari Sungai Mahakam untuk prosesi ritual. Upacara ini diikuti oleh ratusan umat Hindu dari berbagai pura yang ada di Samarinda.

Setelah Melasti, umat Hindu akan melanjutkan rangkaian perayaan Nyepi dengan beberapa prosesi lainnya, seperti Tawur Kesanga, yang disertai dengan arak-arakan ogoh-ogoh, kemudian Ngembak Geni, atau saling berkunjung ke sanak saudara, setelah pelaksanaan ritual Nyepi.

3. Hari Raya Nyepi umat Hindu

Umat Hindu Samarinda Gelar Upacara Melasti di Sungai MahakamIlustrasi poster Nyepi 2024 (Freepik/freepik)

Nyepi adalah hari suci umat Hindu yang ditandai dengan empat larangan utama, yaitu amati geni (tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

Dengan melaksanakan Nyepi, umat Hindu percaya bahwa mereka dapat mencapai kesucian batin dan menjaga keseimbangan alam.

Baca Juga: Rekomendasi Bengkel Motor dengan Pelayanan Terbaik di Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya