Dua Jenderal di Kaltim Jajal Tol Balsam dengan Bersepeda

Siapkan pengamanan peresmian Jalan Tol Balsam oleh Presiden

Balikpapan, IDN Times – Jajaran Polda Kaltim dan Kodam Vl/Mulawarman mengunjungi jalan tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), Senin (16/12) pagi. Di sana mereka melakukan pengecekan dan kesiapan pengaman jelang kedatangan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Panglima Kodam Vl/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto serta Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono, memimpin langsung jalannya kunjungan ini. Mereka tiba di tol Balsam kawasan Kilometer 13, Balikpapan Utara, sekira pukul 08.30 Wita.

Meskipun saat itu hujan dengan intensitas ringan tengah mengguyur kawasan tol, namun tak mengurungkan niat untuk melakukan pengecekan. Subiyanto dan Muktiono bersama jajarannya masing-masing tetap memantau tol tersebut dengan bersepeda.

1. Kodam VI/Mulawarman dan Polda Kaltim jamin keamanan saat peresmian Jalan Tol Balsam

Dua Jenderal di Kaltim Jajal Tol Balsam dengan BersepedaJajaran Kodam Vl/Mulawarman dan Polda Kaltim memantau tol Balsam dengan bersepeda. IDN Times/Surya Aditya

Ditemui di tol Balsam, Mayjen TNI Subiyanto membenarkan, kunjungan aparat keamanan ini untuk mengecek kesiapan jalan tol dan pengamannya jelang kedatangan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Direncanakan, orang nomor satu di Indonesia itu akan datang ke Balikpapan untuk meresmikan tol yang memiliki panjang 99,35 kilometer itu, pada Selasa (17/12) besok.

“Kalau tidak ada perubahan akan (tol Balsam) diresmikan oleh Bapak Presiden. Oleh karena itu saya perlu melihat kondisi sebenarnya jalan tol yang akan diresmikan ini,” katanya kepada awak media disela-sela kunjungan.

Dalam pengamanan peresmian Jalan Tol Balsam nanti, sebut Subiyanto, akan ada 1.400 personel gabungan TNI-Polri. Dari sisi TNI semua satuan akan dikerahkan, seperti TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut.

“Intinya, dari segi pengamanan, saya dan Pak Kapolda yang akan menjamin keamanan kegiatan pelaksanan Bapak Presiden besok,” tegasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Besok

2. Tol Balsam belum rampung 100 persen, karena masalah tanah

Dua Jenderal di Kaltim Jajal Tol Balsam dengan BersepedaDi tol Balsam, Polda Kaltim dan Kodam Vl/Mulawarman mengecek kesiapan jelang kedatangan Jokowi. Sumber: Humas Polda Kaltim

Hasil pantauan tol Balsam, beber Subiyanto, pembangunan tol yang memiliki nilai investasi Rp 9,9 triliun itu belum sepenuhnya rampung. Masih ada beberapa titik di tol tersebut yang masih dalam pengerjaan.

“Mungkin ada kendala masalah tanah dan sebagainya, ini yang tahu mungkin pemerintah provinsi,” beber jenderal bintang dua itu.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, pada Seksi 5 yakni Balikpapan-Samboja terdapat kondisi tanah bergerak sepanjang 11 kilometer yang menghambat proses penyelesaian pembangunan jalan tol.

Jalan tol yang akan diresmikan Presiden Joko "Jokowi" Widodo adalah Seksi 2  Samboja - Muara Jawa, Seksi 3 Muara Jawa - Palaran, dan Seksi 4 Palaran - Samarinda. Totalnya sepanjang 66 kilometer. Setelah diresmikan, jalan tol dapat digunakan terutama untuk mendukung kelancaran lalu lintas selama masa libur natal dan tahun baru 2020.

3. Kapolda imbau pengguna jalan tol mematuhi rambu lalu lintas

Dua Jenderal di Kaltim Jajal Tol Balsam dengan BersepedaIDN Times/Maulana

Sementara itu, Irjen Pol Muktiono mengatakan, kepolisian akan memberikan pengaman semaksimal mungkin saat kedatangan Jokowi di Kota Minyak.

“Besok kami akan melaksanakan pengaman semaksimal mungkin, dibawah kendali panglima,” katanya.

Muktiono memberikan kesannya setelah menjajal tol Balsam menggunakan sepeda. Dia pun mengaku bangga dengan adanya tol pertama di Kalimantan ini.

“Luar biasa, kami jadi bangga, Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan-Samarinda punya jalan tol,” tutur jenderal bintang dua ini.

Jika tol Balsam sudah dioperasikan, Muktiono mengimbau kepada seluruh pengguna jalan tol, agar berkendaraan dengan disiplin dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang dapat merugikan siapa pun.

“Kami imbau kepada seluruh masyarakat yang menggunakan jalan tol ini agar selalu mematuhi rambu-rambu yang tersedia dan senantiasa mengutamakan keselamatan dalam memacu kendaraan di jalan tol kebanggaan masyarakat Kaltim tersebut,” pungkasnya.

Baca Juga: Presiden Bakal Resmikan Jalan Tol Balsam dan Meninjau Ibu Kota Baru 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya