Operasi Patuh Mahakam 2019, Ratusan Personel Dikerahkan 

Cegah kecelakaan dan tingkatkan kepatuhan masyarakat

Balikpapan, IDN Times – Polda Kaltim menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Mahakam 2019, pada Kamis pagi (29/8), di di Lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN), Balikpapan.

Kapolda Kaltim, Irjen Pol Priyo Widyanto, bertindak sebagai pemimpin apel sekaligus meresmikan Operasi Patuh Mahakam 2019. Dalam pidatonya, Priyo menerangkan, operasi patuh bukan hanya digelar di Kaltim. “Namun serentak di seluruh Indonesia,” katanya.

Operasi Patuh Mahakam 2019 ini dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Seluruh pengguna kendaraan diimbau untuk selalu berhati-hati dan melengkapi berkas-berkas dan keamanan kendaraannya.

Apel ini diikuti jajaran Polri, TNI dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim, kabupaten/ kota. Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Balikpapan, para pejabat utama (PJU) Polda dan Kodam Mulawarman juga hadir dalam acara ini.

1. Operasi Patuh Mahakam 2019 digelar selama dua minggu

Operasi Patuh Mahakam 2019, Ratusan Personel Dikerahkan Humas Polda Kaltim

Disela-sela apel, Kapolda Kaltim menyematkan pita merah ke lengan peserta upacara. Hal tersebut merupakan tanda dimulainya Operasi Patuh Mahakam 2019. Kepada wartawan, Priyo mengatakan, operasi tersebut digelar selama dua minggu ke depan, terhitung sejak hari ini.

“Operasi Patuh Mahakam tahun ini akan dilaksanakan selama 14 hari, dari tanggal 29 Agustus sampai dengan 11 September,” katanya, usai apel.

Baca Juga: Seminggu Operasi Patuh, Polisi Jaring 31 Ribu Pelanggaran

2. Tujuan operasi patuh, dari pemahaman lalin hingga mencegah bahaya lalin

Operasi Patuh Mahakam 2019, Ratusan Personel Dikerahkan Humas Polda Kaltim

Priyo juga menjelaskan mengenai tujuan Operasi Patuh Mahakam 2019. Kata dia, ada tiga hal penting yang menjadi tujuan diselenggarakannya operasi tersebut.

Pertama, yakni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menaati peraturan lalu lintas (lalin). Seperti kelengkapan kendaraan dan pemahaman tentang rambu lalin.

“Kemudian operasi ini juga bertujuan mengurangi angka kecelakaan lalin. Dan termasuk menekan pelanggaran yang mempunyai risiko fatalitas korban kecelakaan lalin,” jelas jenderal bintang dua itu.

3. Ratusan personel gabungan dilibatkan dalam operasi ini

Operasi Patuh Mahakam 2019, Ratusan Personel Dikerahkan Humas Polda Kaltim

Priyo memaparkan, dalam operasi patuh kali ini, pihaknya melibatkan ratusan personel gabungan. Terdiri dari Polri, TNI serta Dishub Kaltim,  kota atau kabupaten setempat. “Total, ada 488 personel. Itu termasuk Dishub dan TNI,” paparnya.

Namun, dia menegaskan, jumlah tersebut masih bisa bertambah. Penambahan personel akan dilihat dari situasi dan kondisi di lapangan nanti. “Ya, itu masih bisa bertambah dengan kegiatan-kegiatan personel yang melaksanakan kegiatan rutin,” tegasnya.

Priyo berharap, masyarakat Kaltim bisa lebih sadar mengenai aturan berkendara, sehingga jumlah pelanggaran dalam operasi ini bisa diminimalisir. Selain itu, masyarakat diminta bisa kooperatif dalam operasi ini.

“Mudah-mudahan selama 14 hari ini kami bisa melaksanakan Operasi Patuh Mahakam secara maksimal, sehingga maksud dan tujuan operasi ini bisa tercapai,” pungkasnya.

Baca Juga: Polri Mulai Gelar Operasi Patuh, Ini 8 Sasarannya di Jalanan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya