Tim Beruang Hitam Basmi Jambret dan Begal di Balikpapan

Perintah tembak di tempat untuk begal dan jambret

Balikpapan, IDN Times – Jangan coba-coba menjambret atau membegal di Balikpapan. Sebab, Polres Balikpapan tidak akan segan-segan menindak tegas para pelaku kejahatan tersebut.

Kepada awak media, Kapolres Balikpapan, AKBP Wiwin Firta mengatakan, akhir-akhir ini pihaknya kerap menerima aduan soal kejahatan begal dan jambret. Oleh karena itu, dia mengimbau agar masyarakat di Kota Minyak selalu waspada dalam beraktivitas.

“Hati-hati, jangan jalan sendirian. Tunggu teman-teman yang lain, atau lewat jalur alternatif yang ramai. Kalau enggak silakan hubungi kepolisian untuk minta pengawalan,” katanya, Senin (23/9) siang.

1. Polres Balikpapan bentuk Tim Beruang Hitam

Tim Beruang Hitam Basmi Jambret dan Begal di BalikpapanIDN Times/Surya Aditya

Adapun upaya kepolisian untuk memberantas kejahatan jambret dan begal di Balikpapan, Wiwin menjelaskan, pihaknya telah membentuk tim khusus. Tim ini diberi nama Beruang Hitam.

Wiwin menjelaskan, tim ini merupakan gabungan jajaran Opsnal Reskrim Polsek dan Polres Balikpapan.

“Jumlahnya kurang-lebih ada 50 personel,” jelas perwira melati dua di pundak itu.

Baca Juga: 5 Kiat Sederhana Melintas Jalan Sepi Biar Gak Jadi Korban Begal

2. Tim khusus sasar daerah-daerah rawan

Tim Beruang Hitam Basmi Jambret dan Begal di BalikpapanIDN Times/Galih Persiana

Lebih jauh, Wiwin memaparkan, Tim Beruang Hitam akan menyasar daerah-daerah di Balikpapan yang telah ditandai sebagai daerah paling rawan kejahatan.

Namun dia belum mau membeberkan daerah mana saja yang rawan kejahatan di kota ini. Sebab, dikhawatirkan nantinya akan membuat ketakutan bagi masyarakat.

“Tim ini akan melaksanakan patroli di tempat-tempat rawan kejahatan dan konsen mencari para pelaku begal, curanmor maupun kerawanan kriminalitas lainnya,” paparnya.

3. Siap tindak tegas pelaku kejahatan

Tim Beruang Hitam Basmi Jambret dan Begal di BalikpapanIDN Times/Surya Aditya

Bahkan, Kapolres Balikpapan telah memerintahkan anak buahnya untuk tidak segan-segan menindak pelaku kejahatan begal dan jambret. Hal ini disampaikan Kasat Reskrim AKP Costa Sabam Martua Siahaan.

Kata Costa, pihaknya telah mendapat titah dari atasannya untuk tidak segan menembak para pelaku kejahatan, terkhususnya jambret dan begal. Namun tetap dengan mengikuti prosedur yang berlaku.

“Kapolres telah memerintahkan kepada saya dan jajaran reskrim agar melakukan tindakan tegas kepada para pelaku begal, dan jangan segan lakukan tembak di tempat, terarah dan terukur bila sudah membahayakan jiwa petugas dan masyarakat,” tegas perwira balok tiga itu.

Baca Juga: Siswa SMA di Malang Bunuh Begal yang Ancam Gilir Pacarnya

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya