Dua Perempuan di Pontianak Ketahuan Selundupkan 1 Kg Sabu Pakai Sandal

Pelaku diringkus di Bandara Supadio Pontianak

Pontianak, IDN Times - Dua emak-emak melakukan penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 1 kilogram yang disimpan di dalam wedges sandal atau alas sandal. Upaya penyelundupan barang haram ini digagalkan di Bandara Supadio Pontianak, pada Rabu (17/1/2024).

Petugas Avsec Bandar Udara Internasional Supadio berhasil menggagalkan penyelundupan sabu pada dua perempuan tersebut. Direktur Reserse Narkoba Polda Kalbar, Kombes Pol Thelly Iskandar Muda membenarkan penangkapan dua calon penumpang pesawat tersebut.

1. Sabu 1 kg disimpan di sandal wedges

Dua Perempuan di Pontianak Ketahuan Selundupkan 1 Kg Sabu Pakai SandalDua perempuan membawa sabu 1 kg lewat bandara supadio Pontianak. (IDN Times/Istimewa).

Narkotika jenis sabu tersebut ditemukan sebanyak 12 klip transparan. Barang haram ini mereka simpan di dalam sandal wedges perempuan.

Sebelumnya, Thelly mengatakan, kedua perempuan calon penumpang tersebut terdeteksi membawa barang mencurigakan oleh petugas Avsec. Saat dilakukan pemeriksaan fisik, dan barang bawaan dan ditemukan barang yang diduga kuat narkoba jenis sabu.

“Sabu ini disembunyikan kedua pelaku di dalam hak sandal yang digunakannya,” kata Thelly, Jumat (19/1/2024).

Baca Juga: Siswi di Pontianak Akhirnya Ngaku Lima Kali Disetubuhi Guru 

2. Sabu akan dibawa ke Surabaya

Dua Perempuan di Pontianak Ketahuan Selundupkan 1 Kg Sabu Pakai Sandalilustrasi orang di bandara (pixabay.com/Skitterphoto)

Dari hasil pemeriksaan, calon penumpang ini rencananya akan terbang ke Bandara Internasional Juanda Surabaya. Sabu itu dia bawa di dalam hak wedges agar tidak diketahui petugas.

Karena gelagatnya mencurigakan, kedua perempuan berinisial MR dan SF dibawa ke Posko Avsec Bandara Supadio untuk pemeriksaan dan penggeledahan lebih lanjut.

“Dari hasil pemeriksaan ditemukan barang bukti berupa 12 bungkus kantong plastik yang diduga sabu dengan berat total sekitar 1 kilogram yang disimpan di dalam dua pasang hak sandal, dengan tujuan penerbangan ke Surabaya,” ungkap Thelly.

3. Polisi masih lakukan pemeriksaan lebih lanjut

Dua Perempuan di Pontianak Ketahuan Selundupkan 1 Kg Sabu Pakai SandalKapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo. (IDN Times/Istimewa).

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan kedua pelaku, Thelly mengatakan, diketahui mereka merupakan warga Kelurahan Siantan Hilir, Kecamatan Pontianak Utara, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

“Setelah mengamankan dan menemukan barang bukti, pihak Avsec menghubungi kami memberikan informasi terkait temuan narkoba itu,” sebutnya.

Sementara itu, Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo membenarkan kejadian teesebut dan saat ini kedua pelaku sudah diamankan. Keduanya sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk proses penyelidikan dan penyidikan.

Wahyu menerangkan, selain barang bukti 12 bungkus sabu, petugas juga menyita barang bukti lainnya seperti dua buah tas warna hitam dan cream, satu unit telepon genggam, dan satu kantong plastik berisikan sendal.

“Saat ini kedua pelaku masih menjalani pemeriksaan. Kami bersama Direktorat Narkoba Polda Kalbar akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap jaringan narkoba ini,” tukasnya.

Baca Juga: Tebus Sembako Rp10 Ribu, Warga Pontianak Padati Area Waterfront

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya