Ada Kabar Baik, Pasien Sembuh dari COVID-19 di Kaltim Naik 59,6 Persen

Satgas terus mempelajari pemetaan kasus corona di Kaltim

Samarinda, IDN Times– Sudah 5.599 kasus akumulasi positif COVID-19 di Kalimantan Timur, lantaran alami pertambahan 153 terkonfirmasi pada Jumat (11/9/2020) petang. Saban hari kasus terkonfirmasi di Benua Etam ini memang selalu bertambah. Peningkatan yang membuat positive rate Kaltim mencapai 22 persen.

“Sementara angka incident rate Kaltim saat ini masih sekitar 140 per 100 ribu penduduk. Ini angka yang sangat tinggi,” tegas Andi Muhammad Ishak, juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim dalam rilis hariannya pada Jumat petang.

1. Kasus kematian pasien COVID-19 di Kaltim masih bertambah setiap hari

Ada Kabar Baik, Pasien Sembuh dari COVID-19 di Kaltim Naik 59,6 PersenAndi Muhammad Ishak, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim/sekretaris Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Dia menerangkan, dari pertambahan kasus ini menyebar di sejumlah kabupaten/kota Kaltim. Terbanyak 59 kasus dari Kutai Kartanegara (Kukar). Diikuti Samarinda 43, Balikpapan 31, Bontang 6, Kutai Timur (Kutim), Paser, dan Berau masing-masing 4, serta Kutai Barat (Kubar) 2. Dalam kesempatan sama, sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim ini juga melaporkan 3 tambahan pasien positif yang meninggal dunia.

“Dua di antaranya dari Balikpapan, perempuan 62 tahun dengan gejala infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) disertai komorbid. Yang kedua pria 57 tahun. Juga gejala ISPA. Laporan kematian ketiga berasal dari Kubar. Pria 60 tahun. Ketiga kasus tersebut dimakamkan sesuai protokol COVID-19,” urainya.

2. Pasien yang sembuh dari COVID-19 naik 59,6 persen

Ada Kabar Baik, Pasien Sembuh dari COVID-19 di Kaltim Naik 59,6 PersenIlustrasi pengambilan sampel swab tenggorokan. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sedangkan kasus sembuh pada Jumat ini bertambah 101 orang. Dengan demikian total kasus sembuh di Kaltim menjadi 3.346 orang atau naik menjadi 59,6 persen. Andi berharap tren positif ini semakin meningkat. Dari 101 kasus sembuh tersebut, penambahan terbanyak berasal dari Balikpapan sebanyak 31 kasus, disusul Samarinda 26, Bontang 14, Paser 9, Kutim 8, Kukar 7, Kubar 3 orang dan Penajam Paser Utara (PPU) 3.

“Hingga saat ini kasus COVID-19 aktif yang masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri di Kaltim sebanyak 2020 orang. Dengan total kasus meninggal dunia 233 orang,” sebut Andi.

Baca Juga: Menyebar di Semua Daerah, Satgas Kaltim Waspadai Klaster Keluarga

3. Satgas COVID-19 Kaltim terus mempelajari pemetaan gejala kasus dari virus corona

Ada Kabar Baik, Pasien Sembuh dari COVID-19 di Kaltim Naik 59,6 PersenIlustrasi COVID-19 (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Dia menambahkan, Satgas COVID-19 Kaltim  terus mempelajari pemetaan gejala kasus karena pemicu dari virus corona ini sangat beragam. Ada yang cepat mengalami pemburukan sampai meninggal dunia, ada beberapa yang tak bergejala.  Itulah yang jadi alasan pentingnya menjalankan protokol kesehatan sehingga dapat terhindar dari virus corona.

“Mari jaga diri dan jaga sesama,” tutupnya.

Baca Juga: 100 Klaster Keluarga COVID-19 Ada di Kaltim, Terbanyak dari Samarinda

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya