Ambisi Wali Kota Andi Harun Merevitalisasi Citra Niaga Samarinda

Berharap kawasan Citra Niaga kembali menjadi ikon kota

Samarinda, IDN Times - Kawasan Citra Niaga Samarinda hendak direvitalisasi. Maklum saja pada era 80-an, ikon Samarinda ini sempat menjadi pusat bisnis dan alun-alun kota yang mengintegrasikan pedagang besar dan kecil. Langkah tersebut benar-benar hendak ditunaikan. Dimulai dengan sayembara desain Citra Niaga.

“Pengumuman sayembara ini akan disampaikan usai apel (upacara) peringatan 17 Agustus mendatang dan pemenangnya akan disampaikan pada Desember,” ujar Wali Kota Samarinda, Andi Harun seperti dilansir dari rilis resmi Pemkot Samarinda pada Kamis (6/5/2021).

1. Kawasan Citra Niaga sebagai simbol ekonomi harus terealisasi pada 2023 mendatang

Ambisi Wali Kota Andi Harun Merevitalisasi Citra Niaga SamarindaAndi Harun, Wali Kota Samarinda (Dok.IDN Times/Istimewa)

Dengan mengusung konsep bertajuk Reinkarnasi Citra Niaga Part II, kompetisi sayembara desain ini memang hendak dituntaskan sebelum menuju persiapan perumusan Detail Engineering Design (DED) dan pembangunan. Kini, kerangka strategi dan tahapannya pun masih dimatangkan oleh Antonio Ismael Risianto, arsitek yang merancang Citra Niaga. Dan harapan untuk mewujudkan Citra Niaga sebagai simbol ekonomi Kota Tepian harus terealisasi pada 2023 mendatang.

“Bahkan kalau bisa membangun Citra ini seperti legenda membangun Candi Prambanan, di mana dalam waktu satu malam bisa membangun 1.000 candi. Begitupun dengan Citra Niaga,” celetuk Andi bercanda.

Baca Juga: Awasi Arus Mudik, Bandara APT Pranoto Samarinda Bangun Posko

2. Warga diminta ikut berpartisipasi dalam revitalisasi Citra Niaga

Ambisi Wali Kota Andi Harun Merevitalisasi Citra Niaga SamarindaInstagram.com/citraniaga.smr

Dia menuturkan, bila pemerintah sudah sepakat dengan draf kerangka strategi yang disampaikan tim profesional. Mulai dari tahapan sayembara hingga proses konstruksi nanti. Tak hanya itu, tagline tentang Citra Niaga ini juga harus digaungkan. Misalnya saja Reinkarnasi Citra Niaga atau Citra Niaga 2.0

“Intinya warga bisa ikut memberikan masukan-masukan dalam diskusi yang difasilitasi pemerintah,” tandasnya.

3. Tak akan menghilangkan kejayaan lama Citra Niaga

Ambisi Wali Kota Andi Harun Merevitalisasi Citra Niaga SamarindaKawasan Citra Niaga di Samarinda pada Senin 21 September 2020. Biasanya lokasi ini dipadati pengunjung sejak sore hari (IDN Times/Yuda Almerio)

Mantan legislator DPRD Kaltim ini pun setelah Lebaran nanti detail kegiatan dan timeline tahap pertama bisa betul-betul dimatangkan agar dibahas kembali secara agresif. Sehingga membangun Citra Niaga dengan cerita barunya bisa cepat terealisasi. Meski demikian, dirinya enggan meninggalkan kesuksesan Citra Niaga era Gubernur Kaltim Soewandi dan Wali Kota Samarinda Waris Husain.

“Desain baru Citra Niaga yang baru tak akan memutus cerita sukses masa lalu. Akan tetap dipertahankan,” pungkasnya.

Baca Juga: Ini Akibatnya Jika Jukir Liar di Samarinda Tak Masuk Sistem E-Parking

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya