Comscore Tracker

Ini Daftar Tokoh di Kaltim yang akan Disuntik Pertama Vaksin COVID-19 

Mulai Sekda hingga Kapolda Kaltim 

Samarinda, IDN Times - Sepuluh tokoh masyarakat Benua Etam bakal jalani vaksinasi virus corona atau COVID-19 perdana pada Kamis (14/1/2021) pagi di Kegubernuran Kaltim. Mulai dari pemerintah, legislator, kepolisian, tentara hingga tenaga medis. Khusus pemerintah diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Muhammad Sabani. Lantas bagaimana kesiapannya?

“Saya selalu siap menjadi orang pertama yang divaksin,” ujar Sabani dalam jumpa pers pada Rabu (13/1/2021) siang di Kegubernuran Kaltim.

1. Sudah siap divaksin COVID-19, selalu siap minum jamu dan makan jeruk

Ini Daftar Tokoh di Kaltim yang akan Disuntik Pertama Vaksin COVID-19 Sekprov Kaltim Muhammad Sabani (Biro Humas Pemprov Kaltim/Istimewa)

Informasi dihimpun IDN Times, selain Sabani adapula Kapolda Kaltim, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kaltim, Nataniel Tandirogang, Direktur RSUD Abdul Wahab Sjahranie, David Hariadi Masjhoer dan Hakim Pengadilan Tinggi Kaltim, Riyadi Sunindyo Florentinus. Lalu ada juga Shanty Sintessa, Kepala UPTD Rumah Sakit Mata Kaltim, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Samarinda, Siti Chalimatus Sakdiyah, Asisten Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim, Prihatin, Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun kemudian terakhir Bambang Bachtiar, Wakajati Kaltim. Nah, mendekati waktu imunisasi, Sabani tak banyak persiapan sebab tiap hari dirinya terbiasa minum suplemen yang menyehatkan.

“Mulai dari jamu dan jeruk,” imbuhnya.

2. Sekda minta warga tak berasumsi soal vaksin COVID-19

Ini Daftar Tokoh di Kaltim yang akan Disuntik Pertama Vaksin COVID-19 Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Dirinya pun meminta warga tak terlalu berasumsi dengan menolak suntikan vaksin. Sebab tak mungkin negara mencelakakan warganya. Pun demikian dengan jumlah vaksin. Dari titah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hanya dua daerah di Kaltim yang menerima distribusi vaksin, yakni Samarinda dengan jatah 12.960 dosis sedangkan Kutai Kartangara 7.040. Jumlahnya 20.000, sehingga masih tersisa 5.520 dosis dari 25.520 dosis yang diterima dari pusat.

“Insyaallah nanti kalau sudah tersosialisasi dengan baik, saya yakin tidak ada penolakan sebab ada hasilnya,” terang Sabani.

Baca Juga: Duh! Semua Wilayah di Kaltim Masuk Zona Merah Penyebaran Virus Corona

3. Berharap warga mau divaksin dengan sukarela

Ini Daftar Tokoh di Kaltim yang akan Disuntik Pertama Vaksin COVID-19 Ilustrasi. Kandidat vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Dikonfirmasi terpisah, Muhammad Samsun menuturkan hal senada. Anggota DPRD Kaltim dari PDI  Perjuangan ini sudah siap jalani vaksinasi COVID-19. Jelang pelaksanaan, dirinya tak banyak persiapan. Sebab tak ada yang dikhawatirkan dari vaksin tersebut. Sebenarnya dengan langkah Presiden Joko “Jokowi” Widodo maju jalani vaksin itu sudah cukup jadi bukti. Dan hal tersebut merupakan pertaruhan besar. Maklum, isu yang beredar di jagat maya, vaksin membawa masalah. Sehingga warga menjadi waswas dan tak percaya vaksin.

“Ini presiden saja sudah divaksin, masak warga tidak. Saya berharap masyarakat dengan sukarela mau divaksin,” tegasnya.

4. Negara tak mungkin mencelakan warganya dengan vaksin COVID-19

Ini Daftar Tokoh di Kaltim yang akan Disuntik Pertama Vaksin COVID-19 Muhammad Samsun, wakil Ketua DPRD Kaltim (IDN Times/yuda almerio)

Dia menambahkan, pemerintah sudah menjamin keselamatan presiden. Pun begitu dengan warga yang bakal menerima vaksin. Negara tak mungkin mencelakakan warganya dengan vaksin. Sementara persoalan halal dan haram sudah digaransi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), jika vaksin Sinovac halal dan suci. Tak jauh berbeda dengan urusan medis, vaksin ini sudah lolos tahap uji klinis dan siap edar.

“Tak mungkin diberikan izin distribusi jika membawa masalah,” pungkasnya.

Baca Juga: Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim Minta Pengemudi Ojol Waspada Corona

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya