Kabar Baik! Angka Sembuh dari COVID-19 di Kaltim Konsisten Bertambah

Lonjakan pasien sembuh karena warga taat dengan prokes

Samarinda, IDN Times - Kian hari penanganan pandemik COVID-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) menunjukkan tren positif. Kondisi ini terjadi seiring bertambahnya kasus sembuh yang mendominasi laporan harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kaltim.

“Tentu ini perkembangan yang sangat menggembirakan," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim Yudha Pranoto seperti dilansir dari rilis resmi Pemprov Kaltim, Selasa (23/3/2021). 

1. Hasil manis dari PPKM Mikro dan Kaltim Silent

Kabar Baik! Angka Sembuh dari COVID-19 di Kaltim Konsisten BertambahKegiatan PPKM mikro Balikpapan diperpanjang hingga bulan Maret. (IDN Times/Hilmansyah)

Data terakhir dari satgas menunjukkan ada 235 kasus terkonfirmasi positif virus corona baru di provinsi ini. Dengan perincian Berau 5 kasus, Kutai Barat 22 kasus, Kutai Kartanegara 36 kasus, dan Kutai Timur 12 kasus. Selain itu Paser 28 kasus, Penajam Paser Utara 6 kasus, Balikpapan 59 kasus, Bontang 16 kasus, dan Samarinda 51 kasus.

Sementara penambahan pasien sembuh dari COVID-19 dilaporkan sebanyak 362 kasus. Meliputi Berau 12 kasus, Kutai Barat 8 kasus, Kutai Kartanegara 71 kasus, dan Kutai Timur 19 kasus. Diikuti

Paser 2 kasus, Penajam Paser Utara 2 kasus, Balikpapan 84 kasus, Bontang 19 kasus, dan Samarinda 145 kasus. Dua kasus lain dilaporkan meninggal dunia berasal dari Balikpapan dan Bontang. Dengan tambahan tersebut maka akumulasi kasus COVID-19 di Kaltim telah mencapai 61.883 atau 1662,9 kasus per 100 ribu penduduk.

Dengan positif rate 25,2 persen dari kasus diperiksa. Total pasien sembuh mencapai 56.459 atau 91,2 persen dari kasus terkonfirmasi dan kematian 1.464 atau 2,4 persen. Menyisakan 3.960 kasus aktif atau masih dalam perawatan maupun isolasi mandiri.

“Tentu ini juga hasil dari pemberlakuan Kaltim Steril dan PPKM Mikro yang didukung penuh masyarakat," sebutnya.

Baca Juga: Wali Kota Samarinda Bingung, Penyebab Banjir Simpang Empat Sempaja

2. Angka terkonfirmasi positif harian di Kaltim semakin berkurang

Kabar Baik! Angka Sembuh dari COVID-19 di Kaltim Konsisten BertambahIlustrasi (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Wajar demikian, sepanjang virus corona melanda Kaltim sejak Maret 2020 angka positif selalu bertambah. Bahkan lima bulan terakhir jumlahnya pernah mendekati seribu kasus terkonfirmasi hanya dalam sehari. Keadaan tersebut tentu menjadi warning bagi provinsi ini. Itu sebab sejumlah kebijakan diambil, mulai dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga Kaltim Silent tiap akhir pekan. Walhasil kasus semakin menurun. Tak hanya itu, Yudha juga mengapresiasi ketaatan masyarakat menjalankan protokol kesehatan di Benua Etam sejauh ini.

“Hal itu pula yang jadi pemicu makin tingginya tingkat kesembuhan di Kaltim,” tegasnya.

3. Persentase sembuh kini sudah 91 persen

Kabar Baik! Angka Sembuh dari COVID-19 di Kaltim Konsisten BertambahANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Dia menambahkan, besar harapan perkembangan yang baik tersebut bisa terus ditingkatkan. Sehingga jumlah masyarakat terpapar virus corona bisa makin dipersempit.

"Persentase sembuh terus naik menjadi 91 persen," pungkasnya.

Baca Juga: 6 Oknum Polisi Balikpapan Proses Hukum, LBH Samarinda Belum Puas 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya