Kabar Baik! Pasien Sembuh dari COVID-19 di Kaltim Kian Bertambah

Sudah 29 persen pasien yang sembuh dari virus corona

Samarinda, IDN Times - Kian hari jumlah pasien sembuh dari virus corona atau COVID-19 di Kalimantan Timur terus bertambah.Per 18 Mei terdapat penambahan 10 kasus sembuh. Kini total pasien sembuh dari COVID-19 ada 76 orang, sementara yang masih dirawat di ruang isolasi ada 176 pasien. Sedangkan, angka keseluruhan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 255 orang.

“Ya, sembuh pasti. Asalkan tidak ada penyakit penyerta atau komorbid yang parah,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak saat dikonfirmasi pada Senin (18/5) malam.

1. Sebanyak 29 persen pasien positif virus corona di Kaltim sembuh

Kabar Baik! Pasien Sembuh dari COVID-19 di Kaltim Kian BertambahAndi Muhammad Ishak, pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Andi pun meyakini, jika penambahan pasien sembuh ini kian hari bakal bertambah seiring waktu, sebab sistem imun dalam tubuh pasien positif juga terus bekerja memperbaharui diri. Nantinya tahap akhir, sistem imun tersebut resistan terhadap COVID-19.

“Dari total pasien COVID-19 Kaltim ada 76 pasien sembuh, angka persentase sembuh itu 29 persen,” imbuhnya.

3. Balikpapan terbanyak pasien sembuh dari COVID-19

Kabar Baik! Pasien Sembuh dari COVID-19 di Kaltim Kian BertambahIlustrasi APD (IDN Times/Candra Irawan)

Lebih lanjut, dia menerangkan dari sembilan kabupaten/kota di Kaltim kecuali Mahakam Ulu, jumlah pasien sembuh paling banyak itu berasal dari Balikpapan dengan 30 orang, selanjutnya Samarinda sebanyak 18 pasien.

Kemudian disusul Penajam Paser Utara (PPU) 9 orang, lalu Bontang ada 6 pasien, setelahnya Kutai Kartanegara dengan 5 orang, sementara Paser dan Kutai Timur sama-sama ada 3 pasien sembuh, hal serupa dari Berau serta Kutai Barat yang baru miliki 1 pasien sembuh.

“Ya, kami harap pasien sembuh terus bertambah,” akunya.

3. Tim gugus tugas tak akan memulangkan pasien, sebelum benar-benar dinyatakan sembuh dari COVID-19

Kabar Baik! Pasien Sembuh dari COVID-19 di Kaltim Kian BertambahIDN Times/Wira Sanjiwani

Andi turut menambahkan, meski demikian tak jarang tim gugus tugas juga menemukan pasien COVID-19 yang harus dites swab beberapa kali untuk dapatkan dua kali hasil negatif. Dan kalaupun hasil swab dua kali negatif, bukan berarti langsung dinyatakan sembuh kemudian diminta pulang.

“Gak, kami periksa benar-benar sampai dinyatakan sembuh dari COVID-19, sebab beberapa kali kejadian sebelumnya dua kali negatif, tapi saat pemeriksaan lagi kembali positif,” pungkasnya.

Baca Juga: Catat! PNS di Kaltim Dilarang Menerima Bingkisan Lebaran dan Minta THR

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya