Mahasiswa Menyusup saat Pelantikan, Minta Dewan Tak Tidur saat Rapat

Polisi kecolongan

Samarinda, IDN Times - Tatkala 55 anggota DPRD Kaltim bersiap dilantik pada Senin (2/9), sejumlah mahasiswa melakukan demonstrasi pada Pukul 08.00 Wita di depan pintu masuk parlemen Karang Paci--sebutan DPRD Kaltim. 

Sebagian besar dari mereka berasal dari Universitas Mulawarman (Unmul) yang tergabung dalam Aliansi Garda Kaltim. Sejumlah papan kecil bertuliskan "Anggota DPRD Jangan Malas" lalu "Anggota Dewan Kami Awasi" dan "Wakil Rakyat Jangan Korupsi" menjadi hiasan ketika mahasiswa ini melakukan orasi. Aksi saling dorong pun sempat terjadi.

Fikri, koordinator lapangan Aliansi Garda Kaltim mengatakan, sudah saatnya wakil rakyat itu mengutamakan kepentingan konstituennya, bukan yang lain. Ketika para legislator tak fokus maka siapa lagi yang bisa membela kepentingan warga Kaltim.

"Mereka (para legislator) itu bisa duduk di DPRD juga karena masyarakat Kaltim yang memberikan suara," tegas Fikri yang saat itu berorasi di atas mobil pikap.

1. Mengingatkan dewan dengan tiga fungsi pokok wakil rakyat

Mahasiswa Menyusup saat Pelantikan, Minta Dewan Tak Tidur saat RapatIDN Times/Yuda Almerio

Dia juga mengingatkan bahwa para anggota dewan itu punya tiga fungsi, yakni legislasi yang erat kaitannya dengan pembentukan peraturan daerah atau perda, lalu fungsi anggaran, berkaitan dengan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), yang yang terakhir adalah fungsi pengawasan.

"Ketiga poin itu menjadi satu kesatuan. Kami mau para dewan itu melakukan tugasnya dengan baik," katanya.

Baca Juga: Berusia 22 Tahun dan Kuliah S1, Pemuda Ini Jadi Anggota DPRD Jabar

2. Mahasiswa minta anggota dewan untuk tidak tidur terus saat rapat

Mahasiswa Menyusup saat Pelantikan, Minta Dewan Tak Tidur saat RapatIDN Times/Yuda Almerio

Sayangnya, para mahasiswa yang berdemo itu tak mendapat izin masuk ke dalam ruang rapat paripurna DPRD Kaltim. Namun, entah bagaimana caranya, pada Pukul 11.11 Wita, seorang mahasiswa dari Fakultas Kehutanan Unmul bernama Fukhron dan Muhammad Akbar dari Aliansi Garda Kaltim tiba-tiba saja masuk di lantai dua kemudian meneriakkan, "Hidup Mahasiswa".

Suasana kemudian bertambah ramai saat Fukhron menuturkan, " Kami mengawasi kalian. Jangan tidur terus (saat paripurna berlangsung)."

3. Penerobos ruang paripurna diamankan polisi

Mahasiswa Menyusup saat Pelantikan, Minta Dewan Tak Tidur saat RapatIDN Times/Yuda Almerio

Petugas yang berjaga di depan gerbang dan di sekitar gedung DPRD tentu merasa kecolongan. Padahal informasi yang dihimpun IDN Times setidaknya ada 729 personel gabungan dari TNI dan Polri yang menjaga gelaran tersebut.

Dikonfirmasi terpisah, Wakapolresta Samarinda, AKBP Dedi Agustono menuturkan, dua anggota yang menerobos masuk itu sudah diamankan. Dua orang itu tak berizin.

Lantas bagaimana keduanya bisa masuk ke dalam ruang rapat paripurna?

"Masih kami selidiki," katanya singkat.

Baca Juga: Perang Bintang dalam Perebutan Kursi Pimpinan DPRD Kaltim

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya