Nakes Positif COVID-19 Bertambah, Sebagian Pelayanan RSUD AWS Dibatasi

Ruangan IGD RSUD AWS tetap buka pelayanan namun dibatasi

Samarinda, IDN Times - Penularan virus corona atau COVID-19 di antara tenaga kesehatan (nakes) RSUD Abdul Wahab Sjahranie semakin meluas. Sebelumnya hanya 6 nakes saja, kini menjadi 21 orang. Puluhan nakes ini tediri dari dokter dan perawat.

“Iya, informasi yang saya terima begitu. Bisa dokter dan perawat,” ujar Humas RSUD AWS, dr. Arysia Andhina saat dikonfirmasi IDN Times pada Kamis (30/7/2020) sore.

1. Jam besuk pasien ditiadakan dan penunggu pasien hanya satu orang saja

Nakes Positif COVID-19 Bertambah, Sebagian Pelayanan RSUD AWS DibatasiHumas RSUD AWS, dr Arysia Andhina saat memberikan keterangan pers pada Ahad (2/2) siang (IDN Times/Yuda Almerio)

Adanya puluhan pasien positif rupanya berdampak pada tak maksimalnya sebagian pelayanan di rumah sakit rujukan COVID-19 Kaltim ini. Misalnya ruangan Intensive Care Unit (ICU) dan bilik Intensive Cardiologi Care Unit (ICCU) belum bisa menerima rujukan pasien dari rumah sakit lain. Pun demikian dengan jam besuk pasien tetap ditiadakan dan penunggu pasien hanya dibolehkan satu orang saja.

“Untuk poli rawat jalan yang tidak terkontaminasi tetap buka dengan pembatasan jumlah jam layanan,” imbuhnya.

2. Ruangan IGD tetap buka pelayanan namun dibatasi

Nakes Positif COVID-19 Bertambah, Sebagian Pelayanan RSUD AWS Dibatasiilustrasi ruang isolasi pasien virus corona (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Kendati demikian, lanjut dia, untuk pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) tetap buka tapi dibatasi. Sementara bagi warga yang membutuhkan penanganan dari medikus spesialis ataupun sub-spesialis diimbau berobat ke fasilitas kesehatan lainnya di sekitar RSUD AWS.

“Rumah sakit tetap buka pelayanan, tak ada yang tutup hanya saja dibatasi,” tegasnya lagi.

Baca Juga: [BREAKING] 6 Nakes dari Rumah Sakit Rujukan di Kaltim Positif COVID-19

3. Positif dari kalangan nakes RSUD AWS bisa bertambah dari hasil tracing kontak

Nakes Positif COVID-19 Bertambah, Sebagian Pelayanan RSUD AWS DibatasiSalah satu ruangan isolasi COVID-19 RSUD AWS Samarinda. Potret diambil sebelum wabah corona menyerbu Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Medikus yang karib disapa Sisi ini menambahkan, positif virus corona dari kalangan tenaga kesehatan RSUD Abdul Wahab Sjahranie ini bisa bertambah berdasarkan hasil tracing kontak dari pasien positif sebelumnya.

“Mohon doa dan dukungan kepada tenaga kesehatan kami yang telah terkonfirmasi positif COVID-19,” pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Nakes Positif COVID-19 dari RSUD AWS Samarinda Bertambah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya