Nyaris 70 Persen, Pasien Sembuh COVID-19 di Kaltim Sudah 261 Orang

Dalam dua pekan terakhir trennya meningkat

Samarinda, IDN Times - Angka pasien sembuh dari virus corona atau COVID-19 terus bertambah. Kini totalnya sudah 261 orang yang tahir dari corona. Dalam dua pekan terakhir trennya terus meningkat.

“Kita harap, pasien sembuh ini terus bertambah,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak saat dikonfirmasi pada Senin (15/6) pagi.

Baca Juga: Pengelola Mal di Samarinda akan Usir Pengunjung yang Gak Pakai Masker

1. Dari 378 orang yang terkonfirmasi positif, sebanyak 69 persen pasien dinyatakan sembuh

Nyaris 70 Persen, Pasien Sembuh COVID-19 di Kaltim Sudah 261 OrangAndi Muhammad Ishak, pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Catatan tim gugus tugas, penambahan pasien sembuh ini selalu terjadi tiap hari dan jumlahnya signifikan. Tak hanya itu kurvanya pun menanjak. Sehingga wajar bila Andi berangan pasien sembuh bertambah. Hingga saat ini dari 378 orang yang terkonfirmasi positif, sebanyak 69 persen dinyatakan sembuh. Nyaris 70 persen.

“Virus corona ini akan hilang asal taat saja, semua (pasien) pasti sembuh. Kecuali pasien tadi ada riwayat comorbid (penyakit penyerta),” imbuhnya.

2. Sudah 4 pasien yang meninggal di Kaltim karena COVID-19

Nyaris 70 Persen, Pasien Sembuh COVID-19 di Kaltim Sudah 261 OrangIlustrasi COVID-19 (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sayangnya dari ratusan pasien sembuh itu, ada juga yang tak bisa bertahan hingga akhir. Terhitung ada 4 orang mengembuskan napas terakhirnya karena infeksi virus corona di Kaltim. Semua pasien punya riwayat penyakit penyerta.

Kasus terbaru berasal dari Balikpapan, lansia 63 tahun dengan comorbid hipertensi. Pasien dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo Sejak 7 Juni 2020, sehari setelahnya pasien terkonfirmasi COVID-19 dari Laboratorium TCM RSUD Kanudjoso Djatiwibowo.

“Kondisi pasien pun mulai alami penurunan dan pada pada 12 Juni pukul 05.45 Wita, pasien dinyatakan meninggal dunia,” terang pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim ini.

3. Pasien sembuh dari corona paling banyak dari Balikpapan

Nyaris 70 Persen, Pasien Sembuh COVID-19 di Kaltim Sudah 261 Orang[Ilustrasi] Pengambilan sampel swab tenggorok. IDN Times/Debbie Sutrisno

Meski demikian, Andi juga berharap warga tetap optimistis menghadapi COVID-19 tak perlu panik sebab lazimnya pandemik pasti hilang hanya tunggu waktu saja. Termasuk pasien sembuh yakin saja angkaanya terus naik.

Hingga saat ini, terbanyak pasien sembuh berasal dari Balikpapan yakni 61 orang, menyusul Kutai Kartanegara 49 pasien, selanjutnya Samarinda ada 47 pasien sembuh, Kutai Timur 24 orang tahir dari corona, lalu Berau dengan 22 pasien sembuh, kemudian Kutai Barat sebanyak 19 orang, lalu Penajam Paser Utara 17 pasien, kemudian Bontang dengan 13 pasien sembuh, terakhir dari Paser 9 orang pasien dinyatakan sembuh dari virus corona.

“Masih ada 113 pasien dirawat, mudah-mudahan cepat sembuh semua dan bertemu keluarga. Ingat penularan masih terjadi, jadi tetap waspada dan terapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Baca Juga: Pembangunan Jembatan Pulau Balang Terkendala Lahan Wilayah Balikpapan

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya