Pangkalan Militer Pindah ke Kukar, Kodam VI/Mulawarman Siap Mendukung

Segera mengajukan penambahan personel jika pangkalan pindah

Samarinda, IDN Times - Pemerintah melalui Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro Jumat (30/8) mengatakan, jika Kutai Kartanegara akan disiapkan sebagai military base alias pangkalan militer. Dilansir dari RMco.id, Pangkalan militer ini terutama, untuk Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Sedangkan pangkalan Angkatan Darat, diposisikan dekat Istana Presiden, di Penajam Paser Utara.

1. Mendukung keputusan pemerintah

Pangkalan Militer Pindah ke Kukar, Kodam VI/Mulawarman Siap Mendukungwikimedia.org/Arief R. Randan

Menanggapi hal ini, Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman, Letkol Dino menyatakan pihaknya akan mendukung sepenuhnya keputusan pemerintah terkait pengembangan pangkalan militer di Kutai Kartanegara (Kukar) dan Penajam Paser Utara (PPU).

Letkol Dino masih enggan mengungkapkan detail terkait pembangunan pangkalan militer namun pihaknya akan pro aktif. "Jika sudah ditentukan sebagai IKN, Kodam VI/Mulawarman tentu pro aktif," tegasnya saat dihubungi lewat telepon seluler. 

Baca Juga: Raksasa Properti Indonesia Siap Membangun Ibu Kota Baru di Kaltim

2. Menambah pasukan dan alutsista

Pangkalan Militer Pindah ke Kukar, Kodam VI/Mulawarman Siap MendukungIDN Times/Sukma Shakti

Hal ini diterangkan Dino senada dengan yang disampaikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto beberapa waktu lalu. Jika benar ibu kota negara dipindahkan ke Kalimantan Timur maka pihaknya akan melakukan pengajuan penambahan personel untuk memperkuat segala kebutuhan tersebut.

"Pengajuan soal penambahan jumlah personel. Kebutuhan para personel, alutsista (alat utama sistem senjata) yang diperlukan sesuai dengan sistem pertahanan yang akan dibangun," pungkasnya.

Baca Juga: Jika Ibu Kota di Kaltim, Pangdam Mulawarman Minta Tambahan Pasukan 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya