Positif Corona Kaltim Sudah 7 Ribu Kasus, Warga Diminta Makin Waspada

Saat ini kondisi pasien positif makin cepat memburuk

Samarinda, IDN Times - Penambahan kasus positif covid-19 di Kaltim sudah melewati 7 ribu kasus persisnya 7.068.  Meningkatkan rasio kasus per 100 ribu penduduk menjadi 189.9. Dengan lima daerah masih berstatus zona merah yakni Samarinda, Berau, Balikpapan, Bontang dan Kutai Kartanegara (Kukar).

Meski tingkat kematian sudah di bawah 4 persen, jumlahnya hari ke hari terus bertambah. Bahkan didapati periode pemburukan yang kian cepat sejak kasus terkonfirmasi positif virus corona hingga meninggal dunia.

“Saat ini kasus COVID-19 banyak sekali menunjukkan peningkatan pemberatan yang begitu cepat dan berakibat meninggal dunia,” ujar Andi Muhammad Ishak dalam rilis resminya pada Selasa ( 22/9/2020) petang.

1. Kasus kematian pasien positif di Kaltim belum bisa dijelaskan secara alamiah karena minim data empiris

Positif Corona Kaltim Sudah 7 Ribu Kasus, Warga Diminta Makin WaspadaAndi Muhammad Ishak, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim/sekretaris Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Baca Juga: Waduh, Warga Cianjur Temukan Beras Plastik dalam Bansos

Menurut Andi, kondisi pasien positif COVID-19 masih sangat dinamis. Khususnya untuk kasus-kasus kematian. Belum dapat dijelaskan secara alamiah karena minimnya data empiris dan kasus-kasus yang masih dalam penelitian. Dengan demikian, diperlukan upaya dan langkah untuk meningkatkan pelayanan. Terutama fasilitas intensive care unit (ICU).

“Sehingga fasilitas kesehatan di Kaltim dapat mengantisipasi kasus ketika masuk kondisi pemberatan atau sedang,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim ini.

2. Sudah 2.111 orang sembuh dari virus corona

Positif Corona Kaltim Sudah 7 Ribu Kasus, Warga Diminta Makin WaspadaIlustrasi swab test. IDN Times/Debbie Sutrisno

Hingga kini jumlah positif COVID-19 aktif di Kaltim saat ini adalah 2.111 kasus. Termasuk angka yang cukup tinggi. Pihaknya pun terus berupaya menurunkan kasus aktif supaya bisa terjaga jangan sampai dalam perawatan mengalami pemberatan.

“Demi menghindari jangan sampai mengalami kondisi kritis dan akhirnya meninggal dunia,” tegasnya.

3. Kasus kematian kembali bertambah lima kasus

Positif Corona Kaltim Sudah 7 Ribu Kasus, Warga Diminta Makin WaspadaIlustrasi ambulans COVID-19 (IDN Times/Candra Irawan)

Dia menerangkan untuk penambahan pada Selasa, 22 September 2020 ada sebanyak 114 kasus. Terbanyak dari Kutai Kartanegara (Kukar) dengan 40 kasus. Diikuti Samarinda 37, Bontang 17, Kutai Timur (Kutim) 13, Paser 5, serta Penajam Paser Utara (PPU) dan Balikpapan masing-masing 1.

Sedangkan pasien sembuh bertambah 152 menjadi 4.680 kasus. Tambahan terbanyak berasal dari Kukar 56 kasus. Disusul Samarinda 42, Balikpapan 39, Bontang 10, PPU dan Paser masing-masing 2, serta Kutim 1.

Sedangkan pasien meninggal dunia, bertambah lagi 5 kasus. Dengan penambahan tersebut, total kasus kematian di Kaltim saat ini menjadi 277 atau 3.9 persen dari total 7.068 kasus terkonfirmasi positif.

“Masyarakat juga perlu membantu menekan penularan COVID-19 dengan maksimal menerapkan protokol kesehatan sebagai pencegahan. Agar tak tertular atau menularkan kepada orang lain,” pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING]  Positif COVID-19, Bupati Berau Muharram Meninggal Dunia 

Baca Juga: Tanpa Pendamping, Bupati Berau Muharram Dikebumikan di Balikpapan 

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya