Comscore Tracker

Sudah Mencapai 1.377 Kasus, Positif COVID-19 di Kaltim Terus Melambung

Dalam sehari Balikpapan kuburkan dua pasien positif corona

Samarinda, IDN Times – Serupa sebelumnya, angka penyebaran virus corona atau COVID-19 di Kalimantan Timur kembali bertambah pada Kamis (30/7/2020). Bahkan jumlahnya melonjak tajam, ada 70 pasien positif baru. Kini akumulasi positif di Benua Etam menjadi 1.377 kasus.

“Hari ini juga ada berita duka. Ada dua kasus positif COVID-19 meninggal dunia dari Balikpapan,” ujar Andi Muhammad Ishak, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim dalam rilis hariannya pada Kamis petang.  

1. Balikpapan kembali alami lonjakan kasus positif COVID-19

Sudah Mencapai 1.377 Kasus, Positif COVID-19 di Kaltim Terus MelambungPelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Diskes), Andi Muhammad Ishak dalam keterangan persnya pada Selasa (24/3) di Gedung Serba Guna Diskes Kaltim, Jalan Abdul Wahab Sjahranie (IDN Times/Yuda Almerio)

Puluhan kasus baru tersebut tersebar di tujuh daerah, 31 berasal dari Balikpapan. Dengan 24 di antaranya warga Balikpapan tanpa gejala. Hasil pemeriksaan massal Dinas Kesehatan Balikpapan. Kata Andi, semua masih dalam proses tracing dan isolasi mandiri. Disusul Samarinda sebanyak 11 positif baru kemudian dari Kutai Kartanegara (Kukar) terdapat 10 kasus corona baru. Kemudian dari Paser tercatat 6 positif baru. Juga dari Kutai Timur (Kutim) 5 kasus positif. Selanjutnya, Kutai Barat (Kubar) terdapat 4 kasus tambahan. Berikutnya dari Berau 3 kasus positif.

“Sebagian besar kasus berasal dari transmisi lokal dan tanpa gejala. Beberapa di antaranya juga ada yang alami infeksi saluran pernapasan akut,” tuturnya.

2. Kasus masih bisa melonjak tajam, masih ada 2.783 sampel swab proses pemeriksaan laboratorium

Sudah Mencapai 1.377 Kasus, Positif COVID-19 di Kaltim Terus MelambungIlustrasi ambulans COVID-19 (IDN Times/Candra Irawan)

Meski tak bisa mengimbangi kasus positif, pasien sembuh dari corona juga ikut bertambah sebanyak 30 pasien. Paling banyak tahir dari corona berasal dari Samarinda dengan 10 kasus, menyusul Kukar dengan 7 pasien, kemudian Balikpapan 5 pasien sembuh dari corona, Berau 4 kasus, lalu Kubar dan Paser masing-masing 2 kasus sembuh. Dengan demikian di Kaltim sudah ada 888 pasien yang tahir dari corona, meninggal dunia 30 kasus dan masih dirawat 459 kasus.

“Semua kasus sembuh ini telah melewati masa karantina 10 hari dan sehat secara klinis. Kita berharap pasien lain segera menyusul sembuh. Tapi perlu diingat juga masih ada 2.783 sampel swab dalam proses pemeriksaan. Kasus positif masih bisa bertambah,” tegasnya.

Baca Juga: Angka Kematian Positif COVID-19 di Balikpapan Tertinggi di Kaltim

3. Kasus bisa melonjak lantaran kemampuan tracing dari Satgas COVID-19 masing-masing daerah

Sudah Mencapai 1.377 Kasus, Positif COVID-19 di Kaltim Terus MelambungIlustrasi virus corona (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Tingginya kasus terkonfirmasi positif harian di Kaltim, menurut Andi, merupakan hasil dari kemampuan tracing dari Satgas Penanganan COVID-19 di daerah masing-masing. Semakin cepat dan semakin agresif tracing, cenderung membuat semakin bertambah kasus positif ditemukan. Ini langkah awal yang harus dilakukan segera.

“Menemukan kasus sebanyak-banyaknya. Mendeteksi, memastikan untuk selanjutnya melakukan isolasi serta memutus rantai penularan serta melakukan upaya penyembuhan,” tutupnya.

Baca Juga: Waspada! Satu Per Satu Petugas Medis di Kaltim Terjangkit COVID-19

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya