Tes GeNose Gratis Bagi Warga Samarinda, Begini Syarat Lengkapnya

Akurasi tes GeNose untuk COVID-19 mencapai 95 persen

Samarinda, IDN Times - Dua hari lagi, Bandar Udara APT Pranoto Samarinda segera menerapkan alat deteksi COVID-19 lewat embusan napas GeNose C19. Kabar ini tentu menjadi angin segar bagi warga Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) mengingat penggunaannya lebih mudah dengan harga terjangkau. 

“Harga (tes GeNose 19) hanya Rp70 ribu," kata Wali Kota Samarinda Andi Harun seperti rilis Pemkot Samarinda, Senin (29/3/2021). 

1. Tingkat akurasi tes GeNose untuk COVID-19 mencapai 95 persen

Tes GeNose Gratis Bagi Warga Samarinda, Begini Syarat LengkapnyaPasangan calon wali kota dan wakil wali kota, Andi Harun (kiri) dan Rusmadi saat menyerahkan berkas pendaftaran Pilkada Samarinda 2020 di kantor KPU Samarinda, Jalan Juanda (IDN Times/Yuda Almerio)

Sebagai informasi, GeNose C19 adalah perangkat yang menyalin cara kerja hidung manusia. Meski demikian gawai ini telah dibalut dengan kecerdasan buatan. Entitas ilmiah inilah yang nantinya mendeteksi sampel napas yang telah diambil dari para penumpang.

Alat ini dikembangkan oleh Universitas Gajah Mada Yogjakarta. Untuk tingkat akurasi mencapai 93-95 persen sedangkan sensitifitasnya 89—92 persen. Bagi perokok disarankan puasa lebih dulu selama sejam sebelum menguji coba tes GeNose.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena Samarinda termasuk kota yang siap dengan adanya tes GeNose di bandara," tegasnya.

Baca Juga: Wawali Samarinda Turun Langsung, demi Atasi Masalah Banjir 

2. Tes GeNose untuk kepentingan tracking COVID-19 gratis bagi warga Samarinda

Tes GeNose Gratis Bagi Warga Samarinda, Begini Syarat LengkapnyaIlustrasi penumpang Bandara APT Pranoto Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Saat ini Bandara APT Pranoto sudah menerima tiga unit GeNose dengan 10 ribu kantong tiup dan 100 filter. Satu unit bisa memeriksa 30 penumpang. Dengan demikian, tiga alat GeNose ini bisa mendeteksi 90 orang per jam. Selain Bandara APT Pranoto, bandar udara lain yang menerapkan hal sama ada di Palembang, Bandung dan Surabaya. Nantinya, kata Andi Harun, tes GeNose akan digratiskan kepada seluruh masyarakat Samarinda.

“Tapi hanya untuk kepentingan tracking atau program pemerintah, apabila itu untuk kepentingan dan keperluan pengambilan surat keterangan (negatif/positif COVID-19) akan dikenakan tarif,” sebutnya.

3. Rapid antigen juga tetap berlaku di Bandara APT Pranoto Samarinda

Tes GeNose Gratis Bagi Warga Samarinda, Begini Syarat LengkapnyaSuasana sore di Bandara APT Pranoto Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Sebelumnya, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I Bandara APT Pranoto, Agung Pracayanto menyebut, penggunaan perangkat GeNose ini merupakan arahan dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara melalui surat direktur keamanan penerbangan. Meski demikian pemeriksaan dengan saluran lain seperti tes usap (swab test) hingga antigen masih tetap berlaku. Pasalnya, perangkat GeNose masih terbatas sehingga harus ada opsi lain bagi penumpang.

“Kami perkirakan biaya pemeriksaan GeNose jauh lebih murah dibandingkan dengan rapid antigen dengan tingkat akurat yang cukup tinggi. Kami harap dengan adanya alat ini penumpang di Bandara APT Pranoto bisa meningkat,” pungkasnya.

Baca Juga: Warga Samarinda Diminta Kumpulkan Minyak Jelantah, untuk Apa sih?

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya