Comscore Tracker

Warga Samarinda Ramai-ramai Salurkan Bansos bagi Korban Banjir Kalsel

Total ada lima truk angkut bansos lewat jalur darat

Samarinda, IDN Times - Hingga kini sebanyak 11 dari 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) terendam banjir. Akibat bencana ini 112.709 jiwa harus rela kehilangan tempat tinggal untuk sementara karena genangan tak kunjung surut. Warga Kota Tepian pun berbondong-bondong salurkan bantuan lewat Pemkot Samarinda.

“Karena Kalimantan Selatan berdekatan dengan kita (Samarinda) dan saya yakin kabupaten-kabupaten lainnya melakukan hal yang sama dengan kita membantu saudara-saudara kita,” ujar Syaharie Jaang, Wali Kota Samarinda seperti dilansir dari rilis resmi Pemkot Samarinda pada Rabu (20/1/2021) sore.

1. Ada lima truk yang mengangkut bansos warga Samarinda

Warga Samarinda Ramai-ramai Salurkan Bansos bagi Korban Banjir KalselWali Kota Samarinda Syaharie Jaang saat menerikan keterangan pers kepada media terkait bansos bagi warga Kalsel (Dok. Humas Pemkot Samarinda/Istimewa)

Syukurnya bantuan yang terkumpul ini tak main-main. Total ada lima truk dengan ragam kapasitas muatan. Truk ini nantinya bakal mengangkut semua saluran bantuan warga ke Kalsel lewat jalur darat. Menempuh Banjarmasin, Kalsel perlu waktu 12 jam perjalanan. Jaang pun menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah yang menimpa warga Kalsel, pun demikian dengan masyarakat di Mamuju, Sulawesi Barat.

“Semoga korban bencana diberikan kesabaran, ketabahan, serta kekuatan. Pemkot Samarinda siap memberikan dukungan terbaik untuk membantu korban yang terdampak musibah,” imbuh wali kota dua periode tersebut.

2. Pemkot Samarinda juga buka pintu bagi warga yang hendak salurkan bantuan dana

Warga Samarinda Ramai-ramai Salurkan Bansos bagi Korban Banjir KalselTotal ada lima truk bantuan sosial dari Samarinda yang hendak disalurkan bagi warga Kalsel (Dok. Humas Pemkot Samarinda/Istimewa)

Jaang juga menyebut bila pemkot membuka rekening Samarinda Peduli yang dikelola oleh Dinas Sosial. Nantinya dana dari masyarakat Samarinda ini bisa segera ditransfer, tentunya dengan koordinasi Dinsos Samarinda dan Dinsos Kalsel agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

“Saya juga telah mengintruksikan Bagian kesejahteraan masyarakat (Kesra) agar bisa mengerahkan beberapa tim berangkat ke Kalimantan Selatan,” tegasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Banjir di Kalsel Terbesar dalam 50 Tahun

3. Berharap bantuan tiba tepat waktu

Warga Samarinda Ramai-ramai Salurkan Bansos bagi Korban Banjir KalselTotal ada lima truk bantuan sosial dari Samarinda yang hendak disalurkan bagi warga Kalsel (Dok. Humas Pemkot Samarinda/Istimewa)

Dirinya pun ucapkan terima kasih kepada sukarelawan yang mengantar bansos ke Kalsel dan berharap tiba dengan selamat hingga tujuan.

“Semoga dalam perjalanannya selalu diberikan kesehatan dan keselamatan,” pungkasnya.

Baca Juga: Soal Somasi Gubernur Kalsel, Ini Penjelasan Kuasa Hukum Sahbirin

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya