TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pembibitan Atlet Junior, Perbakin PPU Gelar Kejuaraan Menembak

Diikuti atlet dari 15 klub di PPU

Atlet menembak usia dini atau pelajar asal PPU (IDN Times/Ervan)

Penajam, IDN Times - Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar kejuaraan menembak antar klub setempat. Event ini rencananya sudah digelar di Sekretariat Perbakin PPU pada 22 hingga 23 Juli 2023 lalu. 

Ketua Umum Pengurus Cabang Perbakin PPU Trisno Bondo mengatakan, kejuaraan ini digelar untuk menjaring atlet junior menembak. Pesertanya para atlet menembak usia dini, pemula, dan berprestasi ikut event Perbakin

“Kejuaraan menembak antar klub ini kami laksanakan untuk menjaring atlet usia dini dan atlet berprestasi di Kabupaten PPU,” ujarnya kepada IDN Times, Selasa (25/7/2023).

Baca Juga: Kejari PPU Amankan Rp194 juta dari Hasil Penanganan Perkara Korupsi 

1. Buka sekolah khusus menembak

Atlet menembak usia dini atau pelajar asal PPU (IDN Times/Ervan)

Selain itu, tambahnya, masih dalam rangka menjaring atlet usia dini, Perbakin bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) PPU telah membuka Sekolah khusus olahraga menembak Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 21 PPU.

Sekolah menembak, lanjutnya, diadakan karena usulan dari Pengurus Provinsi Kaltim, agar PPU bisa mendapatkan senjata khusus unit air rifle 10 meter jenis pistol maupun laras panjang kaliber 4,5 mm.

“Alhamdulillah kini kita telah memiliki dua unit senjata dari Pengprov Kaltim, untuk dijadikan sebagai fasilitas berlatih dan sekaligus bertanding bagi atlet usia dini,” sebut Trisno.

2. Atlet usia dini PPU diharapkan raih prestasi nasional

Atlet menembak usia dini asal PPU (IDN Times/Ervan)

Terkait dengan kegiatan kejuaraan hari ini, bebernya, diikuti oleh atlet seluruh klub yang saat ini telah berjumlah 15 klub di PPU. Termasuk penambahan atlet asal sekolah menembak rata-rata masih berstatus pelajar.

Dikatakannya, adapun kategori yang dipertandingkan khusus pelajar yakni Air Rifle 10 Mach Hunting, Metsil Tripos 33 meter dan Metsil Multi Range. Sedangkan kelas dewasa adalah Metsil Tripos 33 meter, Metsil Multi Range, Benchrest HV 25 Meter serta Metsil Tripos 33 meter lokal non prestasi.

“Kami berharap, para atlet usia dini dan pemula asal Perbakin Kabupaten PPU ke depan bisa mengikuti event baik tingkat porprov maupun tingkat nasional untuk ke depannya dengan meraih prestasi yang tak kalah dengan daerah lain,” kata Trisno.

3. Berharap anggaran KONI ditingkatkan

Atlet menembak usia dini PPU peraih prestasi (IDN Times/Ervan)

Terpisah Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten PPU Salehuddin mengatakan, menembak ini merupakan cabang olahraga yang sangat bergengsi di ajang nasional maupun internasional 

“Alhamdulillah mudah-mudahan agenda ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya,” tukasnya.

Ia berharap, Pemkab dan DPRD PPU meningkatkan anggaran KONI PPU sehingga dapat memajukan semua cabang olahraga di PPU termasuk Perbakin yang wilayahnya menjadi serambi Nusantara Ibukota Negara (IKN).

Jadikan aset yang didapatkan dari Perbakin Kaltim sebagai pemicu untuk meningkatkan prestasi atlet-atletnya. Bahkan KONI juga bisa mengadakan event seperti ini.

“Agar dapat menguji sampai sejauh mana kemampuan atlet kelas menembak PPU sehingga dapat menunjang perlombaan di tingkat nasional,” pungkasnya.

Baca Juga: Retribusi Pelabuhan Benuo Taka Indikasi Korupsi, Ini Jawaban DPRD PPU 

Berita Terkini Lainnya