Ngabuburit Sambil Olahraga Panahan, Melatih Fokus dan Mental

#RamadanMasaKini Meski puasa, olahraga jalan terus

Balikpapan, IDN Times - Salah satu olahraga yang disunahkan Rasulullah SAW adalah memanah. Olahraga ini tidak hanya untuk perlindungan diri, namun juga membangun fokus, mental, dan postur tubuh yang baik. Olahraga ini makin populer dari waktu ke waktu dan makin banyak penggemarnya. 

Sejumlah anak hingga orang dewasa menikmati waktu ngabuburit dengan latihan panahan di Focus One X Archery, Balikpapan. Puasa seolah tak menghalangi mereka tetap latihan panahan. 

1. Puasa tetap latihan memanah, haus tapi dikuat-kuatin

Ngabuburit Sambil Olahraga Panahan, Melatih Fokus dan MentalIDN Times/Mela Hapsari

Salah seorang member klub panahan ini, Fadil (10 tahun) mengatakan meski dirinya berpuasa tapi tetap latihan panahan, "Puasa, haus tapi masih bisa tahan. Latihan panahan gak mengganggu sekolah," kata siswa Sekolah Alam Balikpapan ini. Ia sudah mengoleksi 4 emas dan 2 perak dari olahraga ini. 

Begitu juga dengan Aufa siswa IT Balikpapan islamic School,  juga telah berprestasi di cabang olahraga ini.  "Puasa capek tapi dikuat-kuatin," kata Aufa yang bercita-cita mau jadi atlet panahan. Sampai saat ini Aufa telah mendapatkan 7 emas, 1 perak, dan 1 perunggu dari beberapa kejuaraan memanah yang diikutinya.

Baca Juga: Sudah Punya Anak, 10 Selebriti dengan Body Goals karena Rajin Olahraga

2. Awalnya gak suka lama-lama jatuh cinta dengan olahraga ini

Ngabuburit Sambil Olahraga Panahan, Melatih Fokus dan MentalIDN Times/Mela Hapsari

Sementara, Rofiana Shintya, umur 19 th, atlet provinsi Kaltim juga terus berlatih memanah meskipun puasa. "Awalnya nggak suka tapi sudah pernah ikut lomba alhamdulillah langsung dapat (menang) jadi kaya ada motivasi sendiri saya harus jadi atlet gitu," kata gadis yang akrab dipanggil Tia dan telah berkali-kali mendulang prestasi panahan di tingkat nasional.

"Ini ngabuburit sekalian latihan ada target juga. Latihan sambil nunggu buka puasa," kata Tia yang latihan memanah di jarak 70 m menggunakan recurve bow. 

Begitu juga dengan Muhammad Rafi'i Rabbani , siswa SMK 2 Balikpapan yang akrab dipanggil Rafi. Ia mengatakan, "Dari dulu memang suka nembak-nembak gitu, nah diikutkan panahan sama bapak tahun 2015. Latihan nggak berat dan nggak terlalu capek selama puasa," kata Rafi yang juga telah memiliki sejumlah prestasi di cabang olahraga panahan. 

3. Motivasi agar tetap semangat latihan meskipun puasa

Ngabuburit Sambil Olahraga Panahan, Melatih Fokus dan MentalDok.IDN Times/Istimewa

Menurut Koordinator Lapangan Focus One X Archery Balikpapan Anna Nurhayati, klub panahan ini memiliki anggota hampir 300 orang, dari anak berusia 5 tahun sampai dewasa.

"Kebetulan lapangan FOX (Focus One X Archery) ini satu-satunya lapangan di Balikpapan yang jaraknya bisa sampai 90 meter. Jadi di sini juga sebagai tempat anak-anak Perpani (Persatuan Panahan Indonesia) latihan," katanya.

Banyaknya anak-anak dan remaja yang ngabuburit sambil latihan memanah, Anna mengatakan, "Anak-anak tetap latihan selama puasa. Mengeluh haus, biasa. Kalau kita lama gak latihan skill akan mulai turun jadi kita motivasi tetap latihan tapi jamnya dipersempit dan jarak pendek. Latihan fisik juga yang ringan saja," jelasnya.

Anna menjelaskan untuk pemula bisa memulai dengan jarak 5 m dan menggunakan panah standard bow. Kalau sudah stabil dan tidak berpencar anak panah yang ditembakkan (grouping) baru kemudian pindah ke jarak yang lebih jauh dan diberikan alat tambahan. Alat panahan telah disediakan di FOX Archery jadi member tidak perlu membawa sendiri. 

4. Olahraga panahan ini musuhnya adalah diri sendiri

Ngabuburit Sambil Olahraga Panahan, Melatih Fokus dan MentalDok.IDN Times/Istimewa

Anna menjelaskan, "Manfaat panahan untuk melatih fokus, terutama untuk anak hiperakftif, bagus baget. Beberapa testimoni dari member dari yang pendiam sudah mulai percaya diri, sudah bisa mengungkapkan apa isi hatinya. Dari yang hiperaktif sudah bisa mulai tenang dan fokus di sekolah. Tugas-tugas lebih bagus ngerjainnya."

Menurutnya, panahan ini juga membentuk postur tubuh yang baik dan tegap. "Panahan ini musuhnya diri kita sendiri, harus ada kontrol diri, emosi, dan angin, semua aspek, termasuk alat, teknik, dan mental," kata Anna.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa Lho!

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya