Lomba Lari Balikpapan Open 10K akan Jadi Agenda Rutin 

Memunculkan bibit atlet pelari di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Dwijayanto Sarosa Putera dan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud melepas lomba lari Balikpapan Open 10K dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 di Lapangan Merdeka, pada Minggu (4/9/2022).

Dwijayanto memulai lomba lari lewat penembakan pistol start Balikpapan Open 10K. Lomba lari rutenya mengelilingi kota di mana start dan finis lomba berada di Lapangan Merdeka Pertamina Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim).

Para peserta lomba lari ini pun terlihat antusias dengan jumlahnya mencapai ratusan pelari. 

1. Sesuai Perpres No 86 Tahun 2019 tentang DBON

Lomba Lari Balikpapan Open 10K akan Jadi Agenda Rutin Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Dwijayanto Sarosa Putera, Minggu (4/9/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Dwijayanto mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi penyelenggaraan lomba lari Balikpapan Open 10K ini. Menurutnya, pemerintah daerah memang semestinya rutin menggelar lomba serupa di mana tujuannya menyehatkan seluruh masyarakat. 

Pemerintah sendiri, menurut Dwijayanto sudah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2019 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). 

“Kegiatan ini sangat baik karena komitmen bapak wali kota untuk membugarkan masyarakatnya. Ini sesuai Perpres No 86 Tahun 2019 sesuai DBON. Kita harapkan di 2045, saat 100 tahun kemerdekaan Indonesia, 75 persen masyarakat kita sudah dalam keadaan bugar,” ujarnya. 

Baca Juga: Pelari Samarinda Meninggal Dunia saat Lomba Lari Balikpapan Open 10K

2. Balikpapan Open 10K rangkaian Haornas

Lomba Lari Balikpapan Open 10K akan Jadi Agenda Rutin Peserta lomba lari Balikpapan Open 10K dilaporkan meninggal dunia saat jalannya lomba dalam memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 39 di Balikpapan, Minggu (4/9/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Balikpapan Open 10K merupakan rangkaian kegiatan Road to Haornas ke 39 tahun 2022. Di mana Kota Balikpapan mendapat kehormatan menjadi tuan rumah. Puncaknya rangkaian acara kegiatan Haornas 2022 nantinya digelar tanggal 9 September di Stadion Batakan Balikpapan.

“Kami dari Kemenpora berterima kasih pada bapak wali dan jajaran yang sudah menyelenggarakan kegiatan Balikpapan Open 10K ini. Dan bisa dilihat pesertanya cukup banyak dan meriah,” ungkapnya.

Ke depan harapannya kegiatan ini bisa berlanjut, dan akan menjadi agenda rutin tahunan.

“Selain itu harapannya akan muncul bibit-bibit unggul atlet lari, khususnya lari jarak menengah di Kota Balikpapan,” jelasnya.

3. Sebagai ajang promosi wisata daerah

Lomba Lari Balikpapan Open 10K akan Jadi Agenda Rutin Lomba lari Balikpapan Open 10K. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengatakan, kegiatan ini diharapkan akan memotivasi seluruh warga Balikpapan untuk bisa berprestasi di bidang olah raga lari. Apalagi dalam lomba ini hadir juga sejumlah atlet dari berbagai daerah.

“Tentunya akan menyemangatkan dan mengolahragakan masyarakat Balikpapan,” ujarnya.

Kegiatan ini sebagai upaya membangun antusias masyarakat jelang puncak Haornas. Melalui kegiatan ini jadi tonggak budaya cinta olahraga di kalangan masyarakat, sehingga terbentuknya sumber daya manusia yang sehat dan produktif guna menjadi roda penggerak pembangunan.

“Kegiatan ini juga jadi ajang promosi pariwisata kota Balikpapan agar dikenal semakin luas, juga sangat representatif akomodasi mampu mendukung peran penyangga IKN nusantara,” tutupnya.

Baca Juga: Eksekusi Lahan Rumah Sakit Bermasalah di Balikpapan Ditunda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya