Gunawan Muchana Dikukuhkan sebagai Ketua Pengurus Baveti di Balikpapan

Masa jabatan pengurus masa periode 2023-2028

Balikpapan, IDN Times - Barisan Atlet Veteran Tenis Indonesia (Baveti) Kalimantan Timur (Kaltim) mengukuhkan susunan kepengurusan Baveti Balikpapan periode 2023-2028, Sabtu (18/11/2023). 

Prosesi di Lapangan Tenis Manuntung ini dipimpin langsung Ketua Baveti Kaltim Zairin Zain melantik Ketua Baveti Balikpapan Gunawan Muchana. Turut pula hadir puluhan anggota Baveti Balikpapan dan perwakilan Pemerintah Kota Balikpapan. 

"Kami mengharapkan agar pembinaan olahraga tenis di Balikpapan makin bagus ke depan," papar Ketua Baveti Kaltim Zairin Zain dalam sambutannya. 

1. Kolaborasi pencinta tenis jenjang junior, senior, dan veteran

Gunawan Muchana Dikukuhkan sebagai Ketua Pengurus Baveti di BalikpapanBarisan Atlet Veteran Tenis Indonesia (Baveti) Kalimantan Timur (Kaltim) mengukuhkan susunan kepengurusan Baveti Balikpapan periode 2023-2028, Sabtu (18/11/2023).  (IDN Times/Sri.Wibisono)

Zairin mengatakan, salah satu fungsi Baveti adalah mengolaborasikan pencinta olahraga tenis di jenjang junior, senior, hingga veteran. Sekaligus pula menyosialisasikan olahraga ini agar makin populer di kalangan masyarakat. 

"Supaya petenis junior semakin serius dalam bermain tenis sehingga bisa berprestasi," paparnya. 

Petenis veteran di Kaltim, menurut Zairin, cukup berprestasi dengan menjadi Juara Umum Kejuaraan Nasional Baveti di Padang Sumatra Barat 2023 lewat raihan 4 medali emas dan 1 medali perak. Sebelumnya, petenis veteran ini pun menjuarai kejurnas di Semarang Jawa Tengah pada tahun sebelumnya. 

"Prestasi Baveti di Kaltim cukup membanggakan dengan menjadi juara umum di Kejurnas Baveti di Padang, sebelumnya di Semarang juga menjadi juara. Kita memenangkan juara dari semua kelompok umur," ungkapnya. 

Atas prestasi  ini, Zairin berencana menyurati Menteri Pemuda dan Olahraga agar mendesak Kepala Badan Otorita Ibukota Nusantara (OIKN) untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur tenis. "Dibangun pula lapangan tenis di wilayah IKN, bukan hanya lapangan sepakbola saja," tegasnya. 

Baca Juga: Dibekuk Borneo, Madura United Gagal Pertahankan Posisi Puncak

2. Tenis sebagai olahraga rekreasi

Gunawan Muchana Dikukuhkan sebagai Ketua Pengurus Baveti di BalikpapanKetua Pengurus Baveti Balikpapan Periode 2023-2028 Gunawan Muchana, Sabtu (18/11/2023). (IDN Times/Sri.Wibisono)

Gunawan menambahkan, olahraga tenis cukup populer bagi sebagian masyarakat di Balikpapan. Bahkan penggemarnya termasuk pula mereka yang usianya sudah menginjak 45 tahun ke atas.

Dalam catatannya, ia menyebutkan adanya 30 klub tenis di Balikpapan. Uniknya lagi, mayoritas anggota di antara klub tenis tersebut masuk kategori veteran. 

"Tugas kami menaungi bagi petenis yang sudah usia veteran. Seumuran kami olahraga ini adalah olahraga rekreasi. Bagi kami cukup puas bisa berolahraga dan baju bisa basah," ujarnya dalam sambutannya.  

Para anggota Baveti Balikpapan rutin bermain tenis setidaknya 3 kali dalam sepekan. 

"Anggota kami sebanyak 27 orang yang seluruhnya aktif bermain tenis, 3 kali dalam sepekan," papar Gunawan yang sebelumnya sempat melanjutkan kepemimpinan pengurus terdahulu. 

"Sebelumnya saya menjadi Wakil Ketua Baveti Balikpapan sehingga otomatis terpilih saat ketua lama mengundurkan diri. Sekarang ini dipercaya lagi memimpin Baveti Balikpapan," imbuhnya.

3. Baveti Balikpapan akan aktifkan kembali turnamen Tenis Gembira

Gunawan Muchana Dikukuhkan sebagai Ketua Pengurus Baveti di BalikpapanBarisan Atlet Veteran Tenis Indonesia (Baveti) Kalimantan Timur (Kaltim) mengukuhkan susunan kepengurusan Baveti Balikpapan periode 2023-2028, Sabtu (18/11/2023).  (IDN Times/Sri.Wibisono)

Lebih lanjut, Gunawan sudah berancang-ancang untuk menghidupkan kembali ajang Tenis Gembira di Balikpapan. Suatu ajang turnamen olahraga tenis memperlombakan pertandingan yang dibagi dalam kelompok umur hingga kualitas peserta.

"Tenis Gembira sempat rutin digelar di Balikpapan, sempat berhenti karena pandemik COVID-19 melanda," paparnya.   

Turnamen Tenis Gembira rencananya akan digelar untuk setiap bulannya. Tujuan utamanya untuk mempromosikan olahraga tenis kepada setiap kalangan di Balikpapan. 

"Rencananya akan kami gelar awal tahun depan, setidaknya 14 kali dalam setahun untuk acara ini," ujarnya. 

Baca Juga: Liga 2 Indonesia Diluncurkan, Persiba Balikpapan Main 10 September

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya