Piala Kepala OIKN Soeratin U-15 Sukses Persikutim Juara Pertama 

Bangun masa depan bersama Gen Z sekitar Nusantara

Penajam, IDN Times - Piala Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Soeratin U-15 Zona Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2023 berjalan sukses ditutup pada Kamis (30/11/2023).  Menampilkan babak final memperebutkan posisi pertama dan kedua yang dimenangkan Persatuan Sepak Bola Indonesia Kutai Timur (Persikutim) mengalahkan Balikpapan United berada di posisi kedua skor 1-0. 

Untuk di posisi ketiga diraih oleh Penajam Utama Nusantara dari Penajam Paser Utara (PPU) setelah menang atas klub Pemuda dari Kutai Kartanegara (Kukar). Kompetisi ini diikuti sepuluh tim se-Kaltim berlangsung selama 10 hari sejak 20 hingga 30 November 2023. 

“Selamat kepada atlet-atlet masa depan kita karena telah berhasil meraih prestasi dengan cara yang sportif,” kata Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santor Adiwidjaja menutup Piala Kepala OIKN Soeratin U-15 Zona Kaltim tahun 2023, di Stadion Panglima Sentik PPU.

Dihadiri Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Alimuddin, Sekretaris Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Yunus Nusi, Sekretaris Asprov PSSI Kaltim Supono, Direktur Budaya, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif OIKN Muhsin Palinrungi.

1. Perbaiki prestasi sepak bola nasional

Piala Kepala OIKN Soeratin U-15 Sukses Persikutim Juara Pertama Sekretaris OIKN, Achmad Jaka Santor Adiwidjaja (IDN Times/Ervan)

Ia juga menjelaskan, lahirnya klub pemenang di kompetisi ini merupakan wujud keikutsertaan OIKN bersama PSSI untuk memperbaiki prestasi sepak bola nasional, khususnya di Kalimantan Timur.

“Ini adalah wujud dari bagaimana kita ingin membangun masa depan bersama adik-adik millennial dan zillennial di sekitar Nusantara dengan segala prestasi mereka, salah satunya prestasi sepak bola,” imbuhnya.

Senada dengannya, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OKN Alimuddin menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kesinambungan untuk pembinaan anak usia dini di Kaltim bidang olahraga sepak bola.

Dan yang terbaik akan mewakili Kaltim di tingkat nasional, selain itu juga klub juara pertama boleh mengambil pemain dari klub lain untuk memperkuat timnya.

Baca Juga: UMK di PPU Disepakati Naik Menjadi Rp3.561.020

2. Juara pertama jadi duta Kaltim tingkat nasional

Piala Kepala OIKN Soeratin U-15 Sukses Persikutim Juara Pertama Sekretaris OIKN, Achmad Jaka Santor Adiwidjaja kalungkan mendali kepada pemain Persikutim juara pertama Soeratin U15 Kaltim(IDN Times/Ervan)

Jadi juara pertama selain membawa nama klub di tingkat nasional, juga menjadi duta Kaltim dan harapannya mereka dapat menorehkan prestasi terbaik di Soeratin U15 nasional. Di mana U17 Kaltim pernah meraih juara pertama tingkat nasional. 

“Rencananya akan dijadikan piala bergilir setiap tahun dengan porsi yang berbeda dan bisa mencakup hingga nasional dengan kelompok umur yang lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Selain memperebutkan posisi juara,  sambung Alimuddin, dalam kompetisi ini juga diberikan beberapa kategori pemenang best player, top scorer, dan best goalkeeper.

3. Merupakan bagian dari event nasional

Piala Kepala OIKN Soeratin U-15 Sukses Persikutim Juara Pertama Pemain sepak bola usia dini dalam Piala Kepala OIKN Soeratin U15 zona Kaltim (IDN Times/ervan)

Kompetisi Soeratin U-15 Zona Kaltim ini merupakan bagian dari event nasional yang masuk dalam zona Kaltim untuk memperebutkan piala Kepala Otorita IKN dan merupakan bentuk pelayanan pemberdayaan kepada masyarakat lokal khususnya di bidang olahraga.

Usai memberikan 100 bola kepada para pemain sebagai bentuk dukungan terhadap kompetisi ini, Sekretaris Umum PSSI, Yunus Nusi berharap, kompetisi Piala Kepala Otorita IKN Soeratin Zona Kaltim ini bisa menjadi kegiatan rutin untuk mencari bibit unggul dalam dunia sepak bola. 

“Terima kasih karena Otorita IKN sudah memfasilitasi sepak boleh di Kaltim, terutama di sekitar Nusantara. Semoga rutinitas kegiatan dan program pembinaan usia muda seperti ini bisa terus dilakukan, terutama di tingkat Kabupaten atau daerah,” pungkas Yunus.

Baca Juga: Pj Bupati PPU Dilarang Memutasi para Pegawai ASN

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya