Comscore Tracker

5 Kiper Berasal dari Brasil yang Pernah Membela Liverpool

Ada yang gabung bukan sebagai pemain, tapi sebagai pelatih

Samarinda, IDN Times - Brasil dikenal sebagai gudangnya pesepak bola berbakat yang tersebar di seluruh dunia, tak terkecuali di pos penjaga gawang. Sebagai negara pengoleksi 5 trofi Piala Dunia, terdapat banyak klub-klub top Eropa yang menggunakan jasa penjaga gawang asal Brasil.

Liverpool menjadi salah satu klub yang sering menggunakan jasa pemain berkebangsaan Brasil, tak terkecuali posisi kiper. Total, ada lima kiper berkebangsaan Brasil yang pernah membela dan melatih klub berjuluk The Reds ini. 

Siapa saja mereka dan bagaimana kontribusinya? Simak lewat ulasan berikut ini, yuk!

1. Alisson Becker

5 Kiper Berasal dari Brasil yang Pernah Membela LiverpoolAlisson Becker Memenangkan Penghargaan Kiper Terbaik (instagram.com/alissonbecker)

AS Roma berhasil memboyong Alisson dari Internacional dengan biaya transfer 7 juta Euro atau sekitar Rp110 miliar. Selama membela Serigala Ibu Kota, Alisson sukses mencatatkan 62 laga dengan torehan 26 clean sheets. Tak ayal ia juga terpilih sebagai kiper terbaik Serie A musim 2017/2018.

Musim panas 2018 Liverpool berhasil merekrutnya dengan biaya transfer 72,5 juta Euro atau setara dengan Rp1,2 triliun. Di Liverpool, Alisson sukses meraih gelar Liga Champions 2018/2019, Liga Inggris 2019/2020, Piala Dunia Antar Klub 2020, UEFA Supercup 2019/2020, serta yang terbaru Community Shield meski ia tidak terdaftar di susunan pemain karena cedera.

Perannya sangat penting jelang laga krusial bertanding ke Old Trafford menjadi kandang Manchester United. Peran Alisson sangat diharapkan mengingat Liverpool butuh kemenangan di kompetisi English Premier League (EPL).

2. Marcelo Pitaluga 

5 Kiper Berasal dari Brasil yang Pernah Membela LiverpoolMarcelo Pitaluga (instagram.com/mpitaluga)

Liverpool berhasil memboyong pemuda berusia 19 tahun dari Fluminense dengan mahar senilai 1,8 juta poundsterling atau sekitar Rp3,2 miliar pada tahun 2020. Dengan harapan agar bisa menjadi penerus kompatriotnya di Brasil, Alisson Becker. 

Marcelo Pitaluga menjadi kiper pilihan keempat setelah nama Alisson, Kelleher, dan Adrian. Dia juga sering tampil reguler bersama Liverpool U-23 di musim 2022/2022.

Musim 2022/2023, Macclesfield Town klub kasta kedelapan liga inggris resmi meminjam Marcelo Pitaluga selama setahun.

Baca Juga: 10 Rental Mobil dengan Tarif Murah di Samarinda

3. Alexander Doni

5 Kiper Berasal dari Brasil yang Pernah Membela LiverpoolAlexander Doni (liverpoolfc.com)

Nama Alexander Doni tenar setelah menjadi kiper Utama As Roma Medio 2005 sampai 2011. Alexander Doni bergabung dengan Liverpool dari AS Roma dengan status bebas transfer pada 2011.

Menjadi pilihan kedua setelah Pepe Reina, Doni hanya mencatat 4 penampilan selama berseragam Si Merah. Pada musim panas 2012, Alexander Doni terkena masalah jantung serius sehingga kontraknya di Liverpool akhirnya diputus dengan persetujuan bersama.

Kemudian, Doni kembali ke Brasil dan bermain untuk tim Botafogo. Tapi, penyakit jantungnya ternyata tidak memungkinkannya untuk dia mentas di lapangan hijau sebagai profesional lagi. Dia pun memutuskan untuk gantung sarung tangan pada 12 Agustus 2013.

4. Diego Cavalieri

5 Kiper Berasal dari Brasil yang Pernah Membela LiverpoolDiego Cavalieri (as.com)

Diego Cavalieri bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2008, ia kontrak selama empat tahun bersama Liverpool dengan harga 3 juta poundsterling atau sekitar Rp5,4 milyar. Dia mengenakan nomor punggung 1 yang pernah dikenakan oleh kiper legendaris Liverpool, Jerzy Dudek yang memilih hengkang ke Real Madrid.

Dalam dua tahun pengabdiannya di Anfield, Cavalieri hanya menjadi pelapisnya Pepe Reina. Tercatat, ia hanya membuat 10 penampilan bersama The Reds dan tidak pernah bermain di Liga Primer Inggris. Ia kemudian hengkang untuk bergabung dengan tim Serie A Italia, Cesena, pada 23 Agustus 2010. 

5. Claudio Taffarel

5 Kiper Berasal dari Brasil yang Pernah Membela LiverpoolClaudio Taffarel Bersama Alisson Becker (instagram.com/taffareloriginal)

Kiper legendaris yang berhasil mengantarkan Brasil menjuarai Piala Dunia 1994, Claudio Taffarel resmi bergabung dengan Liverpool pada tahun 2021. Dia dikontrak oleh The Reds untuk menjadi pelatih kiper.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, mengaku perekrutan Taffarel berkat saran Alisson Becker. Ia ingin Taffarel membantunya membangun filosofi permainan kiper yang khas.

Kiper-kiper berkebangsaan Brasil memang sulit menebus skuat utamaThe Reds sebelum kedatangan Alisson Becker. Melihat prestasi yang diraihnya bersama Si Merah, sanggupkah kiper belia asal Brasil, Marcelo Pitulga, menjadi pengganti sepadan Alisson di masa depan? Atau, nasibnya malah bakal sama seperti senior lain pendahulunya?

Baca Juga: 9 Potret Memikat Air Terjun Tanah Merah, Wisata Alam Unik di Samarinda

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Community Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Penggemar Liverpool

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya