Comscore Tracker

Pemain Borneo FC Sultan Samma Cedera di Bagian Kaki Kiri

BPJamsostek pastikan pemberian jaminan ketenagakerjaan

Samarinda, IDN Times - Kepala Kantor BP Jamsostek Samarinda, Agus Dwi Fitriyanto memastikan pihaknya akan menanggung seluruh biaya perawatan salah satu pemain Borneo FC, Sultan Samma yang mengalami kecelakaan kerja (cedera). Sesuai dengan indikasi medis peserta yang menjalani perawatan, bantuan akan diberikan hingga pasien sembuh tanpa batas biaya.

"Jika tenaga kerja tidak dapat bekerja untuk sementara waktu karena masih dalam masa pemulihan, BPJamsostek akan membayarkan santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) sebesar 100 persen upah yang dilaporkan selama 12 bulan dan selanjutnya 50 persen upah hingga sembuh," kata Agus di Samarinda seperti dikutip dari Antara pada Sabtu (6/8/2022).

1. Cedera di bagian kaki

Pemain Borneo FC Sultan Samma Cedera di Bagian Kaki KiriSultan Samma (foto: Borneo FC)

Sebagai informasi bahwa gelandang senior Borneo FC Samarinda, Sultan Samma harus menjalani perawatan medis setelah mengalami cedera engkel di bagian belakang kaki kirinya.

Peraih medali perunggu bagi Kaltim pada PON 2008 ini mengalami cedera saat menjalani latihan pasca laga kontra PS Barito Putera di pekan kedua BRI Liga 1 2022/2023.

Baca Juga: Ayah di Samarinda Tega Melakukan Pemerkosaan Terhadap Anak Kandungnya

2. Pentingnya jaminan ketenagakerjaan

Pemain Borneo FC Sultan Samma Cedera di Bagian Kaki KiriSultan Samma (foto: Liga Indonesia 1)

Adapun  salah satu pemain Borneo FC yang mengalami kecelakaan kerja cukup parah tersebut adalah Sultan Samma yang saat ini tengah dirawat di RSUD I.A. MOEIS, Samarinda.

"Kejadian seperti ini sering kita temui. Maka dari itu seluruh pekerja sebaiknya membekali diri dengan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan karena risiko dalam bekerja dapat menimpa siapa saja, di mana saja dan kapan saja," imbaunya.

3. Pelayanan BPJamsostek

Pemain Borneo FC Sultan Samma Cedera di Bagian Kaki KiriSultan Samma (Instagram.com/borneofc.id)

Agus yang didampingi Kepala Bidang Pelayanan BPJamsostek Samarinda Iin Irviani bergerak cepat turun langsung menjenguk gelandang serang Borneo FC itu. Tujuannya guna memastikan perawatan yang dilakukan oleh seluruh tim medis RSUD I.A. MOEIS yang juga merupakan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) BPJamsostek telah maksimal.

Ia menyebutkan, pemerintah melalui BPJamsostek hadir untuk memberikan perlindungan melalui lima program, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

4. Jaminan dapat diberikan kepada yang sakit akibat bekerja

Pemain Borneo FC Sultan Samma Cedera di Bagian Kaki KiriSultan Samma (Instagram.com/borneofc.id)

Agus menjelaskan, manfaat program tersebut sangat luas. Peserta akan mendapat perlindungan jaminan kematian, jaminan kecelakaan atau penyakit akibat kerja dan pelayanan sesuai kebutuhan medis akan ditanggung sampai sembuh.

"Kami harap dengan kejadian ini seluruh masyarakat semakin peduli dengan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan karena risiko kecelakaan kerja kita tidak tahu kapan datangnya," ujarnya.

5. Tentang Sultan Samma

Pemain Borneo FC Sultan Samma Cedera di Bagian Kaki KiriSultan Samma (foto: Borneo FC)

Sultan Samma lahir pada 13 April 1986. Dia adalah pemain sepak bola asal Indonesia yang bermain untuk Pusamania Borneo F.C sebagai penyerang.

Sebelumnya, ia pernah memperkuat Sriwijaya FC, Gresik United dan Persiba Balikpapan. Sultan Samma memiliki istri bernama Marisa Mustari dan satu anak bernama Shalmaira Shelvaluna Samma.

Baca Juga: Kalah Tipis, Borneo FC Yakin Balikkan Keadaan di Samarinda  

Ririn Sintani Photo Community Writer Ririn Sintani

Suka memasak dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya