Kemenangan Besar PSM Makassar di Stadion Batakan Balikpapan

Lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia

Balikpapan, IDN Times - Stadion Batakan di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) membawa keberuntungan bagi PSM Makassar. Bermain di kandang Persiba, yang kini berlaga di Liga 3, Juku Eja berhasil meraih kemenangan telak atas Persita Tangerang dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia pada Minggu 4 Februari 2024. 

Antara melaporkan, gol-gol PSM dicetak oleh Adilson Silva pada menit kesembilan dan ke-64, serta Kenzo Nambu pada menit ke-29 dan ke-55. Kenzo kini menjadi top scorer PSM dengan 11 gol.

Meskipun berada 600 km lebih di seberang lautan dari Makassar, Sulawesi Selatan, PSM menunjukkan permainan agresif di kandang sendiri. Tekanan mereka membuat Persita lebih banyak bertahan di area sendiri.

1. PSM Makassar bermain agresif mencari kemenangan

Kemenangan Besar PSM Makassar di Stadion Batakan BalikpapanPelatih kepala Persita Tangerang, Divaldo Alves, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pekan ke-24 BRI Liga 1 2023/24 versus PSM Makassar, Sabtu 3 Februari 2024. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Pada menit kedelapan, Adilson memanfaatkan back pass, mencuri bola dari bek Persita, dan dengan mudah mencetak gol ke gawang kosong. Skor 1-0.

Kenzo menyambar bola dari tiang jauh setelah kemelut di depan gawang Persita pada menit ke-29, membuat skor 2-0.

"Kami benar-benar kesulitan," kata pelatih Persita Divaldo Alves setelah pertandingan.

Di babak kedua, PSM tetap agresif dengan serangan dari sayap kanan Yakob Sayuri. Umpan-umpan dari sayap tersebut menjadi peluang gol.

Baca Juga: Persiba Balikpapan Terancam Degradasi, Kalah dalam Playoff di Manado

2. Para pemain PSM Makassar panen gol di Balikpapan

Kemenangan Besar PSM Makassar di Stadion Batakan BalikpapanSalah satu momen pertandingan pekan ke-7 BRI Liga 1 2022-23 antara Persita Tangerang versus PSM Makassar yang berlangsung di Indomilk Arena Karawaci Tangerang, 7 Agustus 2023. (Instagram.com/persita.official)

Pada menit ke-55, tendangan jarak jauh Kenzo Nambu tidak dapat dihalau oleh kiper, membuat skor 3-0. Pada menit ke-67, Yakob Sayuri menggiring bola dan mengumpankannya kepada Kenzo, yang mencetak gol keempat.

"Pemain saya bekerja keras, dan kita semua senang dengan hasilnya," ujar pelatih Bernardo Tavares.

Meskipun PSM mendapatkan peluang menambah gol pada menit ke-80, kiper Persita, Rendy, berhasil menepis bola. Persita mencoba menekan, namun PSM tetap mempertahankan keunggulannya.

Pada menit ke-90, upaya Ambrizal Umanailo dari Persita tidak berhasil, dan skor berakhir 4-0 untuk PSM.

3. Susunan pemain PSM Makassar vs Persita Tangerang

Kemenangan Besar PSM Makassar di Stadion Batakan BalikpapanStriker Persita, Mohcine Hassan Nader (ligaindonesiabaru.com)

Susunan Pemain: PSM (3-5-2): Reza Arya Pratama (kiper); Yuran Fernandez, Victor Mansaray, Safrudin Tahar; Akbar Tanjung, Muhammad Arfan (kapten), Kenzo Nambu, Yance Sayuri, Yakob Sayuri; Muhammad Daffa Salman, Adilson Silva.

Pelatih: Bernardo Tavares

PERSITA (4-4-2): Rendy Oscario (gk); Christian Rontini, Javlon Guseynov, Muhammad Toha (kapten), Mario Jardel; Bae Sin Yeong, Dwi Andika Cakra Yudha, Ezequiel Vidal, Rifky Dwi Septiawan; Mohcine Hassan Nader, Ramiro Fergonzi.

Pelatih: Divaldo Alves

Baca Juga: Fasilitas Pengolahan Sampah di Balikpapan Terbakar

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya