Pembangunan Lapangan Sepak Bola di IKN Terus Dikebut

Bantuan dari FIFA sebesar Rp85,6 miliar

Penajam, IDN Times - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyampaikan bahwa pembangunan fasilitas pusat pelatihan sepak bola di Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia di Provinsi Kalimantan Timur, berjalan sesuai dengan rencana.

Kantor Berita Antara melaporkan, pembangunan pusat pelatihan sepak bola, yang didanai oleh bantuan dari Federation Internationale de Football Association (FIFA) sebesar Rp85,6 miliar, telah mencapai sekitar 99 persen kemajuan.

1. Program FIFA Forward

Pembangunan Lapangan Sepak Bola di IKN Terus DikebutMenteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi. (IDN Times/Triyan).

Bantuan ini diberikan melalui program FIFA Forward, yang mendukung pembangunan dua lapangan, tempat penginapan bagi pemain dan pelatih, serta ruang ganti.

“Secara keseluruhan, progres pengerjaan pembangunan fase pertama telah mencapai 99 persen, dan saat ini sedang dalam tahap pemasangan furnitur,” ujar Erick.

Pembangunan pusat pelatihan ini juga didukung oleh dana senilai Rp90 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Baca Juga: Jokowi Ajak Influencer ke IKN, Biaya dari Mana?

2. Peruntukan anggaran dari FIFA

Pembangunan Lapangan Sepak Bola di IKN Terus DikebutIlustrasi pemain sepak bola profesional (Pexels.com/Pixabay)

Dana tersebut digunakan untuk pembebasan lahan lokasi pembangunan, pembangunan dua gedung asrama, penataan ruang terbuka hijau, serta pembangunan jalan kawasan dan area parkir.

“Progres pengerjaan pembangunan infrastruktur yang ditangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mencapai 50 persen,” tambah Erick.

Lapangan di pusat pelatihan ini menggunakan kombinasi rumput alami dan sintetis, serta dilengkapi asrama dengan kapasitas 138 orang, terdiri dari 56 kamar ganda untuk pemain, 20 kamar tunggal untuk tim pelatih, dan enam suite untuk pelatih kepala.

3. Komitmen memajukan sepak bola di Indonesia

Pembangunan Lapangan Sepak Bola di IKN Terus DikebutTimnas U-23 Indonesia pada Piala Asia U-23 2024. (instagram.com/afcasiancup)

Erick menekankan bahwa dengan adanya fasilitas sepak bola berstandar internasional ini, PSSI berkomitmen untuk terus memajukan sepak bola Indonesia melalui penguatan tim nasional dan regenerasi pemain.

“Kami terus mendorong tim nasional dan bakat-bakat muda Indonesia untuk berkembang dan berprestasi,” ucap Erick.

PSSI tidak hanya berkolaborasi dengan FIFA dalam pembangunan infrastruktur sepak bola, tetapi juga dalam pengembangan talenta, tambahnya.

Baca Juga: KPK Geledah Ruko di Kompleks Elite Balikpapan Baru

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya