Persiba Balikpapan Terancam Degradasi, Kalah dalam Playoff di Manado

Kalah skor 1-0 melawan Sulut United

Balikpapan, IDN Times - Peluang Persiba Balikpapan untuk bertahan di Liga 2 semakin menipis setelah mengalami kekalahan 0-1 dari Sulut United dalam pertandingan Grup C playoff degradasi di Stadion Klabat, Manado, pada Senin, 22 Januari 2024

Antara melaporkan, Persiba mengumpulkan 3 poin dari kemenangan atas Persipa Pati di Stadion Batakan Balikpapan pertengahan Januari. Sementara Persipa memiliki 4 poin dari kemenangan melawan Persijap yang telah mengumpulkan 9 poin, dan Sulut dengan 7 poin. Sulut berhasil meraih enam poin dari dua pertemuan melawan Persiba, baik di Batakan maupun di Klabat.

1. Persikap Jepara memimpin klasemen Grup C

Persiba Balikpapan Terancam Degradasi, Kalah dalam Playoff di ManadoDuel PSMS kontra Semen Padang di Stadion Baharoeddin Siregar pada 12 Besar Liga 2, Senin (22/1/2024) (IDN Times/Doni Hermawan)

Dengan 9 poin, Persijap Jepara masih memimpin klasemen Grup C, meskipun mengalami kekalahan 0-3 dari Persipa Pati pada pertandingan yang sama dengan laga Sulut United vs Persiba. Namun, posisi Persijap bisa tergusur jika Sulut berhasil mengalahkan Persipa Pati pada 26 Januari mendatang dan Persijap dikalahkan oleh Persiba di Batakan.

“Perjuangan belum berakhir. Kami akan terus berusaha,” kata Papua Komboy, gelandang serang Beruang Madu usai pertandingan di Klabat.

Baca Juga: Persiba Balikpapan Kalah Skor 1-0 dalam Babak Playoff Degradasi Liga 2

2. Persiba Balikpapan tidak mampu mencetak gol di kandang lawan

Persiba Balikpapan Terancam Degradasi, Kalah dalam Playoff di ManadoPelatih Persiba Balikpapan Rudy Eka Priyambada, Jumat (12/1/2024). Foto akun Instagram persibabpp

Dalam pertandingan tersebut, dua pemain asing Persiba, Ali Nouri dan striker Song Sunday Longji, serta gelandang bertahan Marshel Huawe dimulai dari bangku cadangan. Menurut pelatih Rudy Eka Priyambada, keputusan tersebut merupakan bagian dari strategi untuk memperhatikan permainan terlebih dahulu dan diharapkan bisa mengubah arah pertandingan saat mereka masuk lapangan.

Namun, hasilnya tidak memihak kepada Persiba. Menurut Rudy Eka, Longji gagal memanfaatkan beberapa peluang yang didapatnya sehingga skor akhir tetap 1-0 untuk Sulut.

3. Gol kemenangan dari Sulut United

Persiba Balikpapan Terancam Degradasi, Kalah dalam Playoff di ManadoPersiba Balikpapan kalah dari Sulut United skor 1-0 di Stadion Klabat Manado, Senin (23/1/2024). Akun Instagram persibabpp

Ironisnya bagi Persiba, gol kemenangan Sulut dicetak oleh Rossi Noprihanis, mantan pemain Beruang Madu selama dua musim. Rossi dengan efektif memanfaatkan kekacauan di depan gawang Riki Pambudi.

Rudy Eka menyatakan bahwa meskipun demikian, kekalahan ini menjadi bahan evaluasi untuk menghadapi Persijap Jepara pada 27 Januari dan menghadapi tuan rumah Persipa Pati pada 3 Februari 2024.

“Masih ada pertandingan, kita masih bisa berjuang,” ujar Rudy.

Baca Juga: Persiba Balikpapan Menundukkan Persipa Pati dengan Skor 3-0

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya