Tim Futsal Putra Kaltim Raih Medali Emas PON XXI Aceh-Sumut

Kalahkan Jawa Timur dengan skor 2-1

Deli Serdang, IDN Times - Tim futsal putra Kalimantan Timur berhasil meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut setelah menundukkan Jawa Timur dengan skor tipis 2-1 melalui perpanjangan waktu.

Kantor Berita Antara melaporkan, pertandingan final yang berlangsung di GOR Futsal Disporasu, Deli Serdang, Sumatra Utara, Minggu (8/9/2024) malam, berjalan intens dengan serangan dari kedua tim yang terus mengancam gawang lawan.

1. Pertandingan kedua tim berlangsung sengit

Tim Futsal Putra Kaltim Raih Medali Emas PON XXI Aceh-SumutKaltim memastikan medali emas cabor futsal putra PON 2024, Minggu (8/9/2024) (IDN Times/Doni Hermawan)

Meskipun serangan saling berbalas, ketangguhan lini pertahanan dan kiper dari kedua tim membuat tidak ada gol tambahan di babak pertama. Jawa Timur sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Achmad Guntur Ramadhan. Namun, Kalimantan Timur berhasil menyamakan kedudukan melalui Fajar Aidil Adhar. Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir.

Karena kedudukan tetap imbang, pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan. Kedua tim tetap menunjukkan performa solid, namun kerap kali permainan terhenti karena pelanggaran-pelanggaran.

Gol penentu kemenangan Kaltim tercipta di menit ke-44 lewat aksi Andi Chairul Anwar yang memanfaatkan situasi set piece untuk melepaskan tendangan keras yang tak mampu dihalau kiper lawan. Skor 2-1 untuk keunggulan Kaltim bertahan hingga akhir laga.

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Tanam Kabel di Bawah Tanah di Area Pedestrian

2. Tim Kaltim syukuri pencapaian timnya

Tim Futsal Putra Kaltim Raih Medali Emas PON XXI Aceh-SumutDuel Jatim kontra Banten pada semi final cabor futsal PON 2024 di Gor Futsal Dispora Sumut, Minggu (8/9/2024) (dok.media futsal PON)

Pelatih Kalimantan Timur, Panca Pauji, mengungkapkan kebahagiaannya atas pencapaian timnya yang berhasil mencetak sejarah dengan meraih medali emas pertama di cabang futsal.

"Alhamdulillah, ini kemenangan bersejarah bagi Kaltim. Medali emas pertama kami. Saya sangat bersyukur dan bangga kepada seluruh pemain yang sudah berjuang," ujar Panca.

Ia juga memuji permainan Jawa Timur yang tangguh, namun berhasil diatasi berkat strategi pressing di lini depan yang diterapkan pada final tersebut.

"Sebelumnya kami bermain dengan line rendah, tapi di final saya ubah menjadi pressing di depan. Permainan berlangsung ketat, sangat layak disebut laga final," tambahnya.

3. Tim Jawa Timur merasa kurang beruntung

Tim Futsal Putra Kaltim Raih Medali Emas PON XXI Aceh-SumutDuel NTT kontra Kaltim pada semi final cabor futsal PON 2024 di Gor Futsal Dispora Sumut, Minggu (8/9/2024) (dok.media futsal PON)

Pelatih Jawa Timur, Ambar Suprianto, mengakui bahwa timnya kurang beruntung di laga final. Meskipun sudah berusaha maksimal, serangan mereka sering kali terbaca dan gagal diselesaikan di depan gawang.

"Kami sudah memberikan yang terbaik, tapi kali ini belum beruntung. Kaltim tampil lebih solid di pertahanan. Selamat untuk mereka," ujarnya.

Sementara itu, medali perunggu futsal putra diraih oleh tim Banten setelah mengalahkan Nusa Tenggara Timur dengan skor 4-3. Pada kategori futsal putri, medali emas diraih Jawa Barat, perak untuk DKI Jakarta, dan perunggu diraih Papua Barat.

Baca Juga: Tiga Bapaslon Pilkada di Balikpapan Lolos Tes Kesehatan dan Narkoba

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya