Comscore Tracker

Tujuh Pantai Estetik nan Cantik untuk Healing di Balikpapan

Mulai yang gratis sampai serasa lagi di Bali

Balikpapan, IDN Times - Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) adalah kota yang secara geografis berbatasan langsung dengan Selat Makassar. Sehingga wisata pantai tak lagi jadi hal asing bagi wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan.

Wisata pantai indah di Balikpapan yang selama ini banyak dikenal di antaranya Pantai Segarasari Manggar dan Pantai Lamaru. 

Padahal tak hanya dua pantai tersebut. Ada beberapa pantai lain yang tak kalah cantik dan menarik untuk dikunjungi. Mulai dari pantai dikelola warga, sampai yang berada di pusat perbelanjaan. 

Berikut ini pantai-pantai yang sayang untuk dilewatkan di Kota Balikpapan.  Yuk, scrolling aja.

1. Pantai Seraya

Tujuh Pantai Estetik nan Cantik untuk Healing di BalikpapanPantai Seraya di Sepinggan, Balikpapan Selatan. (IDN Times/Istimewa)

Mau ke pantai, tapi bujet terbatas? Tenang, ada Pantai Seraya yang lokasinya di Kelurahan Sepinggan Raya. Untuk sampai ke Pantai Seraya, dapat melalui jalan masuk di depan Pangkalan AURI atau Lanud Dhomber Jalan Mulawarman Sepinggan Balikpapan.

Kalau nyasar, kalian bisa tanya warga sekitar, karena pantai ini dikelola warga setempat.

Masuk di area pantai, kalian bisa langsung parkir dan menikmati kawasan pantai dengan gratis. Biasanya banyak dijumpai warga Balikpapan menikmati pemandangan pantai di sore hari. Selain itu kalian juga bisa melihat perahu-perahu nelayan yang sandar atau diparkir di sana.

Walaupun bukan pantai dengan berbagai fasilitas, tapi sangat cukup kalau kalian ingin healing atau melepas penat setelah seharian bekerja. Di sana juga biasanya ada warga sekitar yang berjualan jajanan. 

Lokasi Pantai Seraya Balikpapan

2. Pantai Kemala

Tujuh Pantai Estetik nan Cantik untuk Healing di BalikpapanPantai Kemala di Balikpapan, Kalimantan Timur juga menyajikan kuliner di restoran Kampoeng Pasir. (IDN Times/Istimewa)

Kalau ingin pantai yang vibe-nya serasa di Pulau Dewata, Bali, bisa ke pantai satu ini. Pantai Kemala berlokasi di wilayah pusat Kota Balikpapan. Tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman. Tak hanya bisa menikmati pemandangan pantai dan laut lepas, pengunjung juga bisa menikmati berbagai hidangan di restoran yang ada di kawasan pantai, Kampoeng Pasir. 

Di Kampoeng Pasir juga tersedia berbagai menu seafood maupun non seafood yang porsinya bisa untuk makan sekeluarga. Dengan harga bervariasi, tak ada salahnya menikmati akhir pekan bersama keluarga di pantai ini sambil makan bersama. Dijamin kumpul-kumpul kalian terasa makin istimewa.

Pantai ini sebenarnya sudah ada cukup lama. Tapi baru-baru ini direnovasi dengan tema lebih estetik dan ala Pantai di Bali. Sambil menikmati semilir angin pantai, bisa duduk santai di kursi yang tersedia, pendopo, atau bean bag

Lokasi Pantai Kemala

3. Pantai Nelayan Balikpapan

Tujuh Pantai Estetik nan Cantik untuk Healing di BalikpapanSuasana camping di Pantai Nelayan, Manggar, Balikpapan Timur. (Instagram Kampung Nelayan Balikpapan)

Kalau pantai satu ini berlokasi di Jalan Mulawarman Manggar. Cocok banget untuk acara kantor atau hangout bareng bestie kalian. Karena pantai ini juga dilengkapi fasilitas villa dan gazebo yang disewakan. Cocok buat kalian yang cari tempat untuk bakar-bakar ikan atau outbond

Pantai Nelayan juga punya akun Instagram, yakni di @pantainelayanbalikpapan. Untuk reservasi villa atau sekadar tanya-tanya, bisa chat admin di akun media sosialnya. Tapi buat kalian yang cuma mau menikmati pantai aja, bisa juga langsung ke lokasi dan masuk tanpa dipungut biaya. 

Tapi jangan lupa ya, bayar parkir kendaraan, untuk mobil Rp20 ribu, motor Rp10 ribu aja! Selain bisa bermain di area pantai dengan berjalan kaki, bisa juga coba sewa ATV atau all terrain vehicle.

Any way, di sana kalian juga bisa camping atau piknik sama teman-teman. 

Lokasi Pantai Nelayan Balikpapan

Baca Juga: 5 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Wajib Dibawa Pulang!

4. Pantai BSB

Tujuh Pantai Estetik nan Cantik untuk Healing di BalikpapanPantai BSB di komplek Balikpapan Super Block. (IDN Times/Fatmawati)

Kalau yang satu ini adalah destinasi wisata baru yang cocok banget buat kalian para millennials dan Gen Z. Pantai BSB (Balikpapan Super Block)ini lagi hits banget, lokasinya di kawasan mal Balikpapan Super Block. Berbeda dengan pantai lainnya, di sini kalian memang tidak bisa bermain pasir atau basah-basahan. Tapi jangan kuatir, ada banyak fasilitas yang menarik ditawarkan.

Untuk masuk ke Pantai BSB pengunjung melewati kompleks Balikpapan Super Block area belakang. Per orang dikenai biaya karcis sebesar Rp25 ribu yang nantinya akan dipasang di gelang kalian saat masuk area Pantau BSB. 

Yang menarik untuk dicoba antara lain sepeda listrik yang bisa kalian pakai berkeliling. Atau mungkin hanya ingin ngobrol rebahan di bean bag yang tersedia. Tak hanya itu, ada berbagai tenant kuliner dan spot-spot foto menarik dan instagramable, seperti berfoto estetik ala Santorini atau ala naik balon udara. 

Dan yang juga patut diperhitungkan, biasanya di waktu-waktu tertentu ada live music di panggung Pantai BSB. Tak jarang juga Pantai BSB menjadi lokasi konser penyanyi-penyanyi tanah air loh.

Lokasi Pantai BSB

5. Pantai Kilang Mandiri

Tujuh Pantai Estetik nan Cantik untuk Healing di BalikpapanSuasana Pantai Kilang Mandiri, Balikpapan. (IDN Times/Istimewa)

Pantai ini juga tidak jauh dari pusat kota. Sempat hits banget, Pantai Kilang Mandiri di sore hari cantik dengan meja-meja dan bean bag yang disusun, ditambah payung-payung warna-warni. Berasa liburan, ditambah pasir pantai yang bersih, membuat kita makin betah di sana. 

Pantai berlokasi di Jenderal Sudirman, tak jauh dari Lapangan Merdeka Balikpapan. Karena tiket masuknya terjangkau, pantai biasanya ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati momen matahari terbenam (sunset) di sore hari. 

Untuk masuk ke pantai, kalian hanya perlu membayar Rp5 ribu saja. Di area dalam pantai juga tersedia kafe yang menjual camilan atau minuman. 

Lokasi Pantai Kilang Mandiri

6. Pantai Tanjung Bayur atau Pantai Serumpun

Tujuh Pantai Estetik nan Cantik untuk Healing di BalikpapanSuasana salah satu villa di pantai Tanjung Bayur, Teritip, Balikpapan. (Tangkapan layar Instagram Vila Lembayung)

Lokasinya di Jalan Mulawarman Kelurahan Teritip Balikpapan Timur. Untuk yang satu ini memang lumayan memakan waktu dari pusat kota. Tapi dijamin, worth it karena suasana yang cukup privat dan kini sudah dilengkapi berbagai fasilitas.

Di kawasan pantai ini terdapat enam penginapan yang pengelolaannya masing-masing. Yakni Lembayung, Srikandi, Amara, Dolphin, Sunrise dan Duyung. Masing-masing memiliki satu hingga dua paviliun dan beberapa tenda camping bagi tamu atau keluarga yang datang. 

Salah satunya di Villa Dolphin yang belakangan lumayan hits. Di tempat ini juga banyak spot yang unik dengan berbagai latar menarik. Di antaranya kursi-kursi estetik, lampu hias yang sangat romantis di malam hari, juga tenda-tenda camping yang bisa digunakan untuk berfoto atau sekadar duduk-duduk santai sembari menikmati suara deburan ombak di pinggir pantai. 

Lokasi Pantai Tanjung Bayur

7. Pantai Pendopo Teritip

Tujuh Pantai Estetik nan Cantik untuk Healing di BalikpapanPantai Pendopo di Teritip, Balikpapan Timur. (IDN Times/Fatmawati)

Kalau bosan dengan suasana pantai yang itu-itu saja, bisa coba ke Pantai Pendopo di Teritip, Balikpapan Timur. Walaupun lokasinya jauh dari pusat kota, atau memakan waktu kira-kira satu jam, namun pemandangan di pantai ini sangat berbeda.

Untuk sampai di kawasan pantai, disarankan menggunakan kendaraan roda dua supaya lebih mudah masuk ke area pantai yang berjarak sekira 2 kilometer dari tepi jalan utama.

Saat masuk kawasan Pantai Pendopo kalian akan disambut kolam tambak yang bisa jadi spot foto alam yang cantik. Melalui jalan setapak, akan terlihat hutan mangrove atau bakau. Area jembatan yang berada di antara hutan bakau juga kerap jadi tempat berfoto estetik. 

Untuk mencapai area pantai tinggal mengikuti jalan hingga membawa ke dermaga yang terbuat dari kayu. Biasanya banyak juga pengunjung yang memancing di tepi dermaga. Jika air surut, pengunjung bisa turun menginjak pasir pantai. Namun saat pasang, air akan sampai ke tepi dermaga. 

Tak akan rugi, karena pemandangan di Pantai Pendopo memang sangat memanjakan mata dan bisa masuk list tempat healing kalian.

Lokasi Pantai Pendopo Teritip

Jadi gimana nih, pantai mana yang sudah masuk list

Baca Juga: 20 Tempat Nongkrong Hits yang Ramah Kantong di Balikpapan 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya