Comscore Tracker

Asal Mula Nama Pulau Derawan di Kalimantan Timur

Ada mitos dan legenda yang diyakini warga

Berau, IDN Times - Setiap daerah pasti memiliki sejarah terkait asal mula nama kawasan mereka. Begitu pula dengan nama-nama kawasan di daerah Kabupaten Berau. Bahkan beberapa nama pulau ini akan sangat familiar. 

Walaupun masih banyak orang yang belum berkunjung langsung ke Pulau Derawan, Semama, Maratua, Sangalaki, Kakaban Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, di antara mereka kerap mendengar nama dari kawasan ini. Perlu diketahui bahwa penamaan suatu pulau biasanya karena ciri-ciri sejarah, asal mula, atau peristiwa tertentu yang pernah terjadi di masa lalu.

1. Mitos yang berkembang

Asal Mula Nama Pulau Derawan di Kalimantan TimurMLD SPOT

Kisah asal usul nama Pulau Derawan dapat diketahui dari salah satu warga setempat, yaitu Ahmad Rifai yang merupakan pemimpin dan bagian penting masyarakat Pulau Derawan. Dia menceritakan kisah pulau ini dalam kegiatan acara-acara bertema wisata dan pertemuan lainnya dengan audien yang kebanyakan adalah orang luar Pulau Derawan.

Nama-nama sebuah daerah tidak jarang dihasilkan karena adanya cerita mitos yang dipercaya masyarakat setempat. Begitu pula dengan nama Pulau Derawan yang berasal dari sebuah mitos romantis menurut kepercayaan masyarakat pulau ini. Kisah romantis dari pulau Derawan dibalut dengan cerita tragis dan menyedihkan.

Sejarah awal mula nama Pulau Derawan dari kisah dua keluarga yang melangsungkan hidup di Pulau Panjang dan berkumpul dengan menaiki sebuah kapal layar menuju pulau ini. Pasangan yang akan melakukan pernikahan di Pulau Panjang adalah pasangan yang tinggal di Pulau berbeda, sehingga dari keduanya melakukan pelayaran bersama keluarga mereka masing-masing.

Terdapat cerita menarik di mana dalam perjalanan menuju Pulau Derawan, kedua pasangan bertemu di suatu jalur laut tapi dengan keadaan alam yang tidak baik. Keadaan alam tidak bersahabat dengan datangnya angin kencang yang menyebabkan kedua kapal milik masing-masing dari menghantam karang dan menyebabkan kapal tersebut tenggelam ke dasar laut.

Baca Juga: Senangnya Staycation di Pulau Derawan yang Indah

2. Asal mula nama-nama pulau

Asal Mula Nama Pulau Derawan di Kalimantan Timurinstagram.com/berau_asik

Berdasarkan cerita singkat di atas, anak perawan yang ingin menikah tadi akhirnya menjadi sebuah  pulau yang dikenal dengan sebutan Pulau Derawan (Perawan), dan ibunya menjadi sebuah pulau dengan sebutan Pula Semama (mama), serta saudaranya menjadi sebuah pulau dengan sebutan Pulau Kakaban (kakak). Seluruh anggota keluarga menjadi sebuah pulau termasuk keluar dari pasangan laki-laki yang menjadi pulau dengan sebutan Pulau Sangalaki (Laki-laki), dan mertuanya menjadi sebuah pulau dengan sebutan Pulau Maratua (Mertua).

Dari cerita di atas ada kisah yang dipercayai masyarakat Desa setempat dan jika dilihat dari sejarah  pulau di Indonesia maka tidak ada hubungan antara kisah tersebut terhadap terbentuknya Pulau Derawan. Setelah berada di Pulau Derawan, pengunjung dapat melakukan perjalanan ke Pula Semama, lalu ke Pulau Sangalaki, Kakaban dan Terakhir ke Pulau Maratua. 

3. Lokasi diving

Asal Mula Nama Pulau Derawan di Kalimantan TimurIndoindians

Dari lima pulau yang ada di atas, hanya Pulau Derawan dan Pulau Maratua yang memiliki penduduk tetap dan dapat menjadi persinggahan bagi para wisatawan yang akan berlibur atau memanjakan mata dengan pesona alam Pulau Derawan. Pulau yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan Filipina ini sangat cocok sebagai tempat berkunjung melakukan diving di pantai-pantai yang indah. Wisata alam kelima pulau ini di antaranya wisata diving, adat istiadat masyarakat desa setempat, snorkling, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 8 Ide Aktivitas untuk Menjelajah Kepulauan Derawan, Dijamin Seru!

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya