Comscore Tracker

Manggar Segarasari, Pantai Bersejarah Sejak Masa Penjajahan Jepang 

Destinasi wisata yang cocok untuk liburan keluarga

Balikpapan, IDN Times - Pantai Manggar Segarasari adalah salah satu pantai yang memesona dan memiliki daya tarik sebagai destinasi wisata di Kalimantan Timur. Masyarakat di sekitar menyebutnya dengan sebutan Pantai Manggar Segarsari, walaupun nama asli dari pantai ini hanya Pantai Segarasari saja. Lokasinya yang berada di Desa Manggar membuat pantai ini diberi tambahan nama Manggar.

Pantai ini memiliki sejarah yang cukup unik, yaitu berkaitan dengan masa pendudukan Jepang di Balikpapan. Hal ini bisa terbukti dari cagar budaya yang terdapat di kawasan Pantai Segarasari.

1. Panorama pantai segarasari

Manggar Segarasari, Pantai Bersejarah Sejak Masa Penjajahan Jepang Pantai Manggar Segarasari (ig lidhamaul)

Tak hanya memiliki nilai sejarah saja, pantai ini juga memiliki pesona alam yang sangat cantik hingga membuat orang-orang tertarik untuk mengujungi tempat ini. Pantai Manggar Segara Sari cukup ramai dikunjungi saat musim berlibur.

Ketika datang ke pantai ini, pengunjung akan langsung disuguhi dengan pemandangan panorama lautan luas dan pesona pantai dengan pasir putih kecoklatan yang sangat indah. Tersedia kursi-kursi taman yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk duduk santai sembari menikmati udara sejuk khas pantai.

Selain itu, ombak di pantai ini juga cukup tenang sehingga memungkinkan untuk melakukan aktivitas di air seperti berenang atau bermain-main dengan ombak saja. Ada pun pasir pantai yang bisa dimanfaatkan untuk bermain-main di sini. Bagi yang ingin merasa lebih aman ketika bermain air, di pantai ini kalian bisa menyewa pelampung dengan berbagai ukuran.

Baca Juga: Pantai Banua Patra, Salah Satu Destinasi Wisata Ciamik di Balikpapan

2. Aktivitas

Manggar Segarasari, Pantai Bersejarah Sejak Masa Penjajahan Jepang Festival Kuliner Lomba Bakar Ikan di Pantai Segarasari Manggar. (IDN Times/ Istimewa)

Pengunjung dapat menyewa perahu nelayan jika ingin berkeliling menikmati keindahan pantai ini. Dengan perahu ini, pengunjung bisa melihat pemandangan laut secara lebih luas dari atas permukaan air.

Tak hanya itu saja, di tempat ini juga ada wahana permainan khas pantai yang tak kalah menarik. Ada jet ski dan banana boat yang disediakan oleh pengelola dan siap untuk menantang adrenalin. Biaya sewanya juga masih cukup wajar, antara Rp50 ribu hingga Rp100 ribu.

Mengikuti perkembangan zaman, pengelola pantai ini juga melakukan inovasi terhadap kawasan wisata Pantai Segarasari. Berbagai macam spot foto yang menarik disediakan oleh pihak pengelola, sehingga para pengunjung bisa melakukan swafoto ataupun foto bersama dengan latar belakang dan properti yang menarik.

3. Rute dan lokasi

Manggar Segarasari, Pantai Bersejarah Sejak Masa Penjajahan Jepang Pantai Manggar Segarasari Balikpapan (IDN Times/Riani Rahayu)

Tempat ini berlokasi di Desa Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantai ini berjarak sekitar 13 km dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. 

Untuk sampai ke pantai ini, kalian hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Dari bandara, kalian bisa menuju ke jalan Marsma R.Iswahyudi, kemuadian menuju ke jalan Mulawarman.

Setelah itu, belok ke kanan menuju jalan Partai dan ikuti saja jalan tersebut. Sekitar 600 meter, kalian akan menemukan lokasi Pantai Manggar Segarasari.

Baca Juga: Pantai Lamaru, Salah Satu Destinasi Wisata Populer di Balikpapan

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya