Comscore Tracker

Pantai Lamaru, Salah Satu Destinasi Wisata Populer di Balikpapan

Ada area camping dan lokasi menikmati sunset

Balikpapan, IDN Times - Balikpapan di Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki berbagai macam tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai Lamaru adalah salah satu destinasi wisata alam yang populer di kota ini. Terkenal dengan deretan pohon cemara yang berjajar di sepanjang pantai, tempat ini menjadi sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan.

Pantai ini ternyata memiliki cerita tersendiri berupa sejarah yang berkaitan pada masa penjajahan Jepang. Hal ini bisa terbukti dari peninggalan bangunan cagar budaya yang terletak di pantai ini berupa tugu serta menjadi makam prajurit Jepang yang telah gugur dalam perang.

Tak hanya itu saja, ternyata pada tahun 2013 lalu, pantai ini sempat dikunjungi oleh para nasionalis Jepang untuk membersihkan daerah tugu peringatan tersebut dan berdoa. Mereka juga meletakkan papan nama yang ditaruh di kuburan Jepang tersebut.

1. Pesona Pantai Lamaru

Pantai Lamaru, Salah Satu Destinasi Wisata Populer di BalikpapanPantai Lamaru Balikpapan (IDN Times/ Mela Hapsari)

Ketika kamu menginjakkan kaki di pantai ini, kamu akan disambut oleh pemandangan pepohonan cemara yang hadir di sepanjang garis pantai. Pohon ini memang sengaja ditanam untuk menyejukkan suasana di sekitar pantai.

Oleh karena itu, ketika berkunjung ke tempat ini kalian tidak perlu membawa ataupun menyewa payung untuk berteduh. Duduk di bawah pohon cemara di pantai ini sudah sangat cukup untuk melindungi dari panasnya terik matahari.

Tak hanya itu saja, pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga sangat aman untuk bermain air di kawasan pantai ini. Bahkan, gulungan ombak yang hadir tidak sampai ke bibir pantai.

Pantai ini juga memiliki deretan pemecah gelombang air laut yang berjajar, sehingga air yang datang sangat tenang dan aman. Hamparan pasir putih yang ada di pantai ini juga menjadikannya sangat menarik untuk bermain-main di area Pantai Lamaru.

Selain bermain-main dengan pasir ataupun air di pantai, di sini para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang terlihat sangat indah dan jelas. Untuk mendapatkan momen matahari terbenam yang terbaik, direkomendasikan untuk datang sejam jam 4 sore di cuaca yang cerah.

Baca Juga: Dijuluki Pantai Polda, Pantai Kemala Tunjukkan Pesona Keindahannya

2. Area camping

Pantai Lamaru, Salah Satu Destinasi Wisata Populer di BalikpapanPantai Lamaru Balikpapan tetap dikunjungi wisatawan pada long weekend Tahun Baru Islam, pada Jumat (21/8/2020) IDN Times/Riani Rahayu

Di Pantai ini, telah disediakan juga area untuk berkemah atau camping bagi kalian yang ingin menghabiskan malam bersama teman-teman di bawah langit gelap bertaburan bintang dengan suara percikan air yang menenangkan.

Ada juga wahana permainan flying fox yang bisa dicoba apabila kalian tidak ingin bermain dengan air laut. Wahana ini sudah dilengkapi keamanan dan dilakukan sesuai prosedur sehingga sudah jelas wahana ini aman untuk dicoba.

Pantai ini memiliki berbagai macam fasilitas seperti area parkir yang luas, kamar mandi dan toilet, musala, hingga toko suvenir. Ada juga klinik kesehatan yang bisa membantu orang-orang yang merasa kurang enak badan atau mengalami hal-hal yang tidak diinginkan di tempat ini.

3. Lokasi dan Rute Pantai Lamaru

Pantai Lamaru, Salah Satu Destinasi Wisata Populer di BalikpapanPantai Lamaru (instagram.com/parardyacatra)

Pantai ini berlokasi di Jalan Mulawarman, Lamaru, Balikpapan Timur. Dari pusat kota Balikpapan, kalian bisa menuju ke Jalan Sudirman dan Iswahyudi atau Jalan Ring Road. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju dekat Bandara Sepingan dan mengarah ke Semboja atau Senipah. 

Setelah sekitar 15 km dari bandara, kamu akan melewati komplek angkatan udara dan berbelok ke kanan. Selanjutnya, akan terlihat gapura menuju Pantai Lamaru yang menunjukkan jalan untuk masuk ke kawasan Pantai Lamaru.

Untuk masuk ke Pantai Lamaru, kamu akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu tiap orangnya serta ada juga biaya parkir kendaraan sebesar 5 ribu untuk roda dua dan 15 ribu untuk roda empat.

4. Lokasinya dekat dengan Pantai Manggar

Pantai Lamaru, Salah Satu Destinasi Wisata Populer di BalikpapanSalah satu acara di Pantai Manggar Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Pantai Lamaru lokasinya relatif tidak terlalu jauh dengan Pantai Manggar dengan jarak kurang lebih 2 kilometer. Artinya bagi kalian para traveler bisa mengunjungi dua pantai sekaligus dong. Saat berada di lokasi Pantai Lamaru maupun Manggar di Balikpapan. 

Dua pantai ini menjadi pilihan utama masyarakat Balikpapan dalam menghabiskan waktu di saat weekend maupun liburan sekolah dan kerja. Tarifnya pun tidak menguras kantong kalian tuh. Apalagi di dalamnya banyak wahana bermain, seperti penyewaan kuda, motor anak, dan lainnya. 

5. Penangkaran buaya muara di Tritip

Pantai Lamaru, Salah Satu Destinasi Wisata Populer di BalikpapanPenangkaran buaya muara di Kelurahan Teritip Balikpapan Kalimantan Timur. (IDN Times/Sri Wibisono)

Masih berada di dekat kawasan Pantai Lamaru terdapat lokasi penangkaran buaya muara di Kelurahan Teritip Balikpapan timur. Di tempat ini terdapat puluhan hewan reptil buaya pelbagai ukuran dan usia, ada yang kecil dan jumbo pun tidak kurang. 

Tempat ini menjadi lokasi penangkaran milik swasta yang dibuka untuk wisatawan umum. Para pengunjung cukup membayar tarif masuk yang cukup murah, tetapi bisa melihat keganasan hewan reptil yang banyak dijumpai di Kalimantan ini. 

Menarik bukan? Melancong ke Pantai Lamaru sekaligus menjangkau destinasi wisata lain di Balikpapan yang lokasinya berdekatan. Check it out.

Baca Juga: 15 Hotel di Balikpapan

Topic:

  • Linggauni
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya