Comscore Tracker

5 Hal Menarik Tentang Lembuswana, Makhluk Mitologi Penjaga Mahakam

Legenda makhluk super dari Kalimantan

Balikpapan, IDN Times - Lembuswana adalah binatang mitos yang menjadi lambang Kesultanan Kutai Kartanegara dan kini menjadi simbol Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Legenda Lembuswana ini masih terus hidup di Kutai Kartanegara dan diyakini merupakan penguasa Sungai Mahakam dan tinggal di dasar sungai ini.

Sosok Lembuswana ini bahkan pernah menjadi ide national costume untuk perwakilan Indonesia di ajang Miss Supranational 2017 lalu. Seperti apa binatang mitologi Kalimantan yang terkenal adidaya ini? Simak penjelasannya di sini

Baca Juga: Toko Oen Semarang, Resto Legendaris yang Tetap Eksis

1. Tubuh Lembuswana terdiri dari campuran berbagai jenis binatang

5 Hal Menarik Tentang Lembuswana, Makhluk Mitologi Penjaga Mahakamantaranews.com

Lembuswana merupakan makhluk yang menunjukkan simbol kekuatan dan kedaulatan Kerajaan Kutai dan memiliki ciri-ciri yang unik, seperti: berbadan lembu, berkepala singa, dan bermahkota, memiliki belalai seperti gajah, bersayap seperti garuda, bersisik seperti naga, bertanduk seperti sapi, berekor panjang seperti singa, bertelinga seperti rusa, dan berjenggot seperti kambing, bertaji seperti ayam.  

2. Lembuswana adalah kendaraan Raja Mulawarman

5 Hal Menarik Tentang Lembuswana, Makhluk Mitologi Penjaga Mahakamdreamstime.com

Penduduk sekitar Sungai Mahakam meyakini Lembuswana sebagai makhluk yang disucikan. Lembuswana merupakan kendaraan bagi Batara Guru dan juga kendaraan spiritual bagi Raja Mulawarman, yang bisa terbang dengan kecepatan super kilat. Raja Mulawarman memerintah Kerajaan Kutai sekitar tahun 400 atau abad V Masehi   

3. Legenda Sang Lembuswana

5 Hal Menarik Tentang Lembuswana, Makhluk Mitologi Penjaga Mahakamryan-mahendra.com

Lembuswana menurut legenda mengawal bayi Putri Karang Melenu. Putri ini kemudian menikah dengan Raja Aji Batara Agung Dewa Sakti sang raja Kutai Kartanegara pertama. Putri Karang Melenu kemudian melahirkan raja-raja di kerajaan ini. Raja Aji Batara Agung Dewa Sakti memerintah di tahun 1300-1325.

4. Filosofi Lembuswana

5 Hal Menarik Tentang Lembuswana, Makhluk Mitologi Penjaga Mahakamaminoapps.com

Falsafah yang mengiringi kisah Lembuswana ini adalah “Paksi liman gangga yakso” artinya seyogyanya seseorang memiliki sifat-sifat mulia pengayom rakyat. Binatang mitos ini diyakini punya kekuatan super dan bisa hidup di darat, air, maupun udara.

Mahkota di kepalanya melambangkan kekuasaan atau raja, sedangkan belalai yang dimiliki Lembuswana menggambarkan Dewa Ganesha yang merupakan dewa kecerdasan.

5. Patung-patung Lembuswana

5 Hal Menarik Tentang Lembuswana, Makhluk Mitologi Penjaga MahakamIDN Times/ Mela Hapsari

Patung Lembuswana dapat ditemukan di beberapa tempat di Kota Raja sebutan untuk kota Tenggarong. Salah satu patung lembuswana dapat ditemukan di Kedaton Kutai Kartanegara. Patung Lembuswana juga berdiri megah di Pulau Kumala, salah satu tempat wisata di Tenggarong, Kutai Kartanegara. Patung Lembuswana di Pulau Kumala terbuat dari terbuat dari perunggu dan dibuat di Bantul, Yogyakarta dengan tinggi 13 meter, berat 29 ton, dan dikerjakan oleh 27 orang seniman patung.

Baca Juga: Kembangkan Wisata Sejarah, Banyuwangi Akan Revitalisasi Kantor Pos  

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya